Mengejar Keindahan Saat Ikut Lomba Marathon Kelas Internasional di Indonesia

Di manakah Zamrud Khatulistiwa itu? Ya, jawabannya adalah Indonesia. Sebuah negara kepulauan dengan bentang alam yang luas. Mulai dari pantai, gunung, hingga hutan semua ada dan membuat Indonesia makin berkilau di mata wisatawan-wisatawan mancanegara. Tentu saja peluang tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin demi kemajuan pariwisata negeri ini.

Ada banyak sekali usaha yang bisa dilakukan agar jumlah turis lokal maupun asing makin meningkat dan membawa manfaat tersendiri. Salah satunya adalah lewat acara lomba lari marathon kelas internasional. Sebagai kegiatan berkonsep sport tourism, Kementerian pariwisata benar-benar mendukung perhelatan tersebut bahkan sampai mempromosikannya di berbagai pameran dunia seperti di Asics Sport and Leisure Expo 2016. Berikut ini adalah beberapa lomba marathon yang dipromosikan di sana.

1. Samosir Lake Toba Ultra Marathon

Dari sekian banyak tempat keren yang dimiliki oleh Indonesia, Danau Toba adalah salah satu yang jadi primadona. Sebuah hamparan danau vulkanik terluas di Asia Tenggara dan paling dalam di dunia bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke sana. Apalagi di tengah-tengahnya terdapat Pulau Samosir. Bulan depan adalah waktu yang tepat untuk menjelajah Samosir, karena pada saat itu terdapat gelaran tingkat Internasional yaitu Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2016.

Samosir Marathon [image source]
Samosir Marathon [image source]
Kegiatan tersebut adalah sebuah lomba lari marathon yang terbuka untuk umum bahkan peserta dari negara lain. Waktu pelaksanaannya adalah pada 17 September 2016 mendatang.  Hadiah terbesar dalam ajang ini bisa mencapai Rp. 10 juta untuk kelas 50 kilometer.

2. Jakarta Marathon

Lari dengan ribuan peserta memang sangat menyenangkan apalagi jika dalam satu tempat berbagai orang dari penjuru dunia berkumpul untuk berjuang menjadi pemenang. Selain itu, ada acara-acara lain yang membuat olahraga berkonsep pariwisata menjadi daya tarik tersendiri. Tahun kemarin Jakarta Marathon telah diadakan untuk ketiga kalinya. Tepatnya pada 25 Oktober 2015.

Jakarta Marathon [image source]
Jakarta Marathon [image source]
Beberapa kelas yang dilombakan adalah 42 km, 21 km, 10 km, dan 5 km. Ada juga kelas untuk anak-anak yaitu Martoonz. Sedangkan untuk tahun ini, rencananya akan diadakan pada 23 Oktober 2016. Seperti tahun sebelumnya, lomba akan dimulai dari kawasan Silang Monas. Informasi terkait lomba dan pendaftaran bisa kamu dapatkan di website resminya yaitu thejakartamarathon.com

3. Rinjani Marathon

Lomba lari kelas internasional ini juga jadi perhelatan yang ditunggu-tunggu. Karena selain olahraga, kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani yang keren. Sayangnya, acara ini sudah selesai dilaksanakan dengan sukses pada 29 hingga 31 Juli 2016. Pertandingan yang disebut juga dengan nama Rinjani 100 tersebut terbagi dalam beberapa kategori yaitu 100 km, 60 km, 36 km dan 27 km.

Rinjani Marathon [image source]
Rinjani Marathon [image source]
 Selain itu, ada dua acara competition tourism lain yang juga digelar di Lombok yaitu  rangkaian seri balap sepeda dunia Gran Fondo New York (GNFY) dan Kejuaraan Dunia Paralayang yang akan berlangsung di Are Guling Lombok Tengah.

4. Bromo Marathon

Gunung Rinjani memang menarik, tapi Bromo juga nggak kalah menggoda. Pemandangan pegunungan hingga kawah gunung berapi lengkap dengan lautan pasir layaknya Padang Sahara adalah sebuah lokasi yang akan membuat kamu merasa sedang ada di surga. Berkunjung ke Bromo akan semakin menarik jika bertepatan dengan digelarnya rangkaian acara bertaraf internasional seperti Bromo Marathon.

Bromo Marathon [image source]
Bromo Marathon [image source]
Jarak terjauh yang bisa ditempuh oleh peserta adalah 42 kilometer dimulai dan berakhir di Desa Tosari, Tengger. Kamu harus segera mempersiapkan diri jika ingin mengikuti lomba marathon ini karena perlombaan akan digelar pada tanggal 4 September 2016 mendatang. Pendaftaran dan informasi bisa kamu dapatkan dengan membuka situs resmi Bromo Maratahon di halaman bromomarathon.com

5. Toraja Marathon

Toraja, tanah budaya dengan keanggunan maha kaya. Itu adalah sebuah ungkapan yang paling pas untuk menceritakan keindahan Toraja. Sebagai upaya untuk mengenalkan destinasi wisata budaya tersebut, maka digelarlah untuk pertama kalinya lomba marathon kelas internasional bertajuk Toaraja Marathon 2016. Sama seperti daerah lain seperti Danau Toba, Toraja juga menyuguhkan jalur lomba yang keren.

Toraja Marathon [image source]
Toraja Marathon [image source]
Para peserta juga bisa menyaksikan secara langsung keseharian penduduk setempat. Kamu bisa merencanakan untuk ikut lomba pada tahun depan. Karena untuk tahun ini perhelatan besar di Toraja tersebut telah dilaksanakan pada 13 Agustus 2016 kemarin degan hadiah total mencapai Rp. 200 juta.

Itulah beberapa gelaran lomba marathon kelas Internasional yang bukan hanya menawarkan gaya hidup sehat, tapi juga kegiatan berwisata mengelilingi tempat-tempat keren di Indonesia.

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat Jawa Timur Lombok Tengah Malang marathon rinjani Samosir Sulawesi Selatan Sumatra Utara Toraja
Share