Mangku Kodek, Air Terjun Menakjubkan di Sudut Lombok

Teman Traveler ada rencana wisata ke Lombok dalam waktu dekat? Jika merasa bosan dengan suasana pantai, saatnya kalian menjelajah air terjun di kaki Gunung Rinjani. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Mangku Kodek, destinasi alam dengan kolam alami nan jernih di antara dinding bebatuan.

Berada di Kaki Rinjani

Menyusuri sungai menuju air terjun (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah Teman Traveler yang pernah mendengar nama Mangku Kodek? Jika belum, wajar saja sebab destinasi ini memang belum banyak diketahui wisatawan. Lokasinya sendiri berada wilayah Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Jika Teman Traveler berangkat dari Selong, kalian harus menempuh perjalanan sejauh 50 km. Buat yang memilih bertolak dari Mataram, kalian harus menempuh perjalanan sejauh 106 km untuk sampai di pintu masuk destinasi cantik ini.

Mangku Kodek merupakan salah satu air terjun cantik di kaki Rinjani. Warna aliran airnya tergantung dari aktivitas gunung, kadang cenderung toska, kadang jernih, namun tak jarang pula berwarna kehijauan. Sumber airnya sendiri berasal dari Danau Segara Anak, yang kemudian mengaliri beberapa air terjun lain seperti Kuda Sembrani, Mangku Sakti, serta Umar Maya. 

Berada di Antara Dinding Bebatuan

Mengalir di antara dinding bebatuan (c) Rosita/Travelingyuk

Menakjubkan. Mungkin itu kata pertama yang terlintas di pikiran Teman Traveler begitu tiba di Air Terjun Mangku Kodek. Terletak di kaki Gunung Rinjani, destinasi ini dikelilingi dinding bebatuan eksotis. Lokasinya sendiri cukup tersembunyi, memaksa kalian untuk menyusuri aliran sungai terlebih dahulu sebelum dapat menikmati keindahannya.

Aliran air di Mangku Kodek sebenarnya tidak lebih dari tiga meter, namun keindahan yang disuguhkan sungguh berbeda dan unik. Dalam Bahasa Lombok, Kodek memiliki makna kecil. Namun demikian perlu Teman Traveler ingat, aliran air di sini memiliki pusaran air yang sangat kuat.

Siapkan Stamina

Aliran air di sekitar (c) Rosita/Travelingyuk

Menjelajah ke sini membutuhkan stamina prima. Pastikan Teman Traveler mempersiapkan diri dengan baik, mengingat medan yang dilalui takkan mudah dan lumayan menguras tenaga. Dari gerbang masuk sampai tujuan akhir, kalian harus melakukan trekking kurang lebih 20 menit.

Namun demikian jangan khawatir. Semua lelah yang Teman Traveler rasakan bakal hilang begitu saja usai melihat keindahan di sekitar. Panorama yang tersaji benar-benar memanjakan mata.

Siapkan stamina untuk menyusuri kawasan ini (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan Mangku Kodek, air terjun menakjubkan di salah satu sudut Lombok. Buat Teman Traveler yang berencana menghabiskan liburan di Pulau Seribu Masjid, jangan lupa mampir ke sini ya. Selamat jalan-jalan!

Tags
kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share