Teh Kunyit, Minuman Segar Berkhasiat Pas untuk Buka

Hampir semua orang di Indonesia tentu mengenal kunyit. Tanaman yang punya nama ilmiah curcuma longa ini punya banyak manfaat bagus bagi tubuh. Selama ini orang sering memanfaatkannya sebagai bumbu masak atau jamu. Namun ternyata ada cara lain menikmatinya, yaitu lewat teh kunyit.

Teh kunyit merupakan minuman yang pertama kali muncul di India. Biasanya disajikan hangat dan tentunya pas sekali dikonsumsi saat waktu berbuka tiba. Apalagi minuman ini punya banyak manfaat luar biasa. Apa saja? Berikut Travelingyuk berikan daftar lengkapnya.

1. Mengurangi Gejala Arthritis

Teh Kunyit
Teh Kunyit via Instagram tehkunyit

Arthritis merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut peradangan sendi. Jenisnya ada banyak, namun yang paling umum adalah osteoartritis dan rheumatoid arthtritis. Gangguan ini membuat penderitanya mengalami sakit di bagian sendi, hingga akhirnya kesulitan bergerak.

Salah satu cara terbaik mencegah arthritis adalah dengan sering berolahraga. Selain itu bisa juga dengan sering mengonsumsi kunyit. Hal ini didukung data sebuah studi di Amerika Serikat pada 2017 silam, yang dipublikasikan oleh Medical Daily News. Disebutkan bahwa 63 persen pasien rheumatoid arthritis di AS ditangani menggunakan suplemen berbahan kunyit.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minuman yang punya banyak khasiat
Minuman yang punya banyak khasiat via Instagram goldenglowtea

Kunyit mengandung zat aktif bernama kurkumin. Zat ini memiliki begitu banyak manfaat bagus untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh dan melawan bibit-bibit kanker.

Kurkumin juga punya sederet fungsi positif lainnya. Selain menjadi zat antikosidan, bahan aktif kunyit tersebut juga bisa menjadi antivirus dan antibakteri. Itulah mengapa meminum teh kunyit saat berbuka tak hanya segar, namun juga menyehatkan.

3. Melancarkan Peredaran Darah ke Jantung

Sangat berkhasiat untuk tubuh
Sangat berkhasiat untuk tubuh via Instagram turmericvitality

Selama ini banyak orang mungkin memandang kunyit sebelah mata. Faktanya, tanaman satu ini juga sanggup membantu memperlancar aliran darah ke jantung. Hal ini sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian di Amerika Serikat.

Menurut laporan yang diturunkan Medical Daily News, studi di negeri Paman Sam pada 2012 silam menunjukkan bahwa konsumsi kurkumin secara teratur sangat bagus untuk mereka yang baru menjalani operasi Coronary Artery Bypass Grafting (CABG). Penelitian tersebut mengklaim resiko terkena serangan jantung bisa dikurangi hingga 17 persen.

4. Mencegah Diabetes

Teh dengan kandungan kurkuma
Teh dengan kandungan kurkuma via Instagram tulamassage_evangeline

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang masyarakat modern. Penyebabnya bervariasi, mulai dari pola makan tak sehat dan kurangnya frekuensi olahraga. Kunyit bisa jadi salah satu alternatif untuk mencegah diabetes.

Beragam jamu dan ramuan tradisional berbahan dasar kunyit sudah lama dipercaya mampu mengurangi resiko terkena diabetes. Namun bagi yang tidak suka mengonsumsi jamu atau minuman sejenisnya, bisa mencoba menikmati teh kunyit.

5. Mengatasi Masalah Usus Besar

Hangat dan memanjakan
Hangat dan memanjakan via Instagram tinyteashopnannup

Dilansir dari Medical Daily News, sebuah penelitian di 2012 silam menunjukkan bahwa kurkumin punya manfaat bagus untuk usus. Kandungannya bisa membantu mengurangi durasi pengosongan perut dari usus kecil. Dengan kata lain, proses pencernaan bisa menjadi lebih lancar.

Itulah tadi sejumlah manfaat minuman teh kunyit. Melihat dari tampilannya yang sederhana, tentu banyak orang tak menduga bahwa ternyata manfaatnya begitu luar biasa. Bagaimana, tertarik mengonsumsinya saat buka puasa nanti?

Tags
kuliner
Share