Malaysia Bangun Masjid Mewah, Mirip Masjidil Haram

Bagi Teman Traveler yang beragama islam pasti sudah tak asing lagi dengan kemegahan Masjidil Haram di Mekkah. Beribadah ke sini sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim jika mampu.

Sempat ramai di sosial media, Malaysia yang bangun masjid mewah menyerupai Masjidil Haram. Berbagai komentar pro dan kontra pun dituangkan. Berikut informasi yang telah dirangkum.

Bangun Masjid Mewah

malaysia bangun masjid mewah
Pembangunan masjid di Gua Musang via Twitter/FLjasmy

Belum lama ini, sebuah rencana proyek masjid mewah yang diketahui di daerah Gua Musang, Kelantan menuai pro dan kontra di masyarakat khususnya citizen Twitter. Diketahui, masjid tersebut memiliki struktur mirip Masjidil Haram.

Diperkirakan, pembangunan tersebut memakan biaya sebanyak 23 juta Ringgit Malaysia atau setara dengan 78 Miliar Rupiah. Bahkan dikabarkan masjid ini akan menjadi landmark baru di Kelantan sehingga dapat menarik wisatawan lokal maupun asing.

Tuai Kritik

Namun, pembangunan masjid malah menuai kritik dari berbagai pihak. Beberapa citizen di media sosial melayangkan kritikan. Dilansir dari Suara, salah satu warganet melayangkan cuitan di Twitter “Bayangkan bagaimana 23 juta RM dapat dipakai untuk air bersih dan pengembangan daerah, tapi Kelantan memilih untuk menunjukkan bahwa mereka juga merupakan gerbang menuju Kakbah”.

Selain itu cuitan lain juga ada yang menyebutkan bahwa pemerintah seharusnya fokus pada isu penting seperti polusi sungai, penebangan hutan, dan lain-lain. Informasi yang didapat, proyek tersebut berlangsung sejak tahun 2017 dan berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar dengan kapasitas menampung sebanyak 5000 jemaah.

Komentar yang Bertentangan

Malaysia bangun masjid mewah
Maket masjid di Kelantan via Twitter/FLjasmy

Selain komentar negatif, cuitan dari akun lain juga ada yang menjelaskan kalau di daerah Gua Musang sama sekali tidak punya masalah seputar air bersih. Tetapi pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena beberapa waktu lalu ada 14 warga di kawasan tersebut meninggal akibar air yang terkontaminasi dan kurangnya layanan kesehatan. Sampai saat ini, kelanjutan pembangunan masjid tersebut masih belum bisa diketahui.

Wisata Menarik di Gua Musang

Gua Stong di Kelantan
Gua Stong di Kelantan via Instagram/danialhot_

Bagi masyarakat di Kelantan, mungkin Gua Musang menjadi salah satu topik yang masih hangat dibahas. Namun bukan berarti kawasan ini tidak memiliki destinasi yang menarik. Teman Traveler bisa jalan-jalan dan berkunjung ke sejumlah tempat wisata. Seperti situs suci Zi Xia Dong, Gunung Stong, dan Taman Ethnobotany. Cocok kan buat dikunjungi di akhir pekan?

Bagaimana pendapat Teman Traveler mengenai Malaysia yang berencana untuk bangun masjid mewah ini? Apakah kalian setuju?

Tags
Luar negeri Malaysia Wisata wisata religi
Share