Makna Kemerdekaan di Nusantara, Milennial Wajib Tahu!

Hari kemerdekaan adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu. Namun. apakah Teman Traveler sudah memaknai kemerdekaan yang sesungguhnya? Bukan hanya dijadikan perayaan, hari istimewa ini punya banyak makna yang tersirat yang harus diketahui. Sebagai millenial, tentu semangat para anak muda bisa membuat negara Indonesia menjadi lebih baik. Besok sudah 17 Agustus, yuk mulai pahami makna kemerdekaan yang millenials wajib tahu. Baca dengan seksama, ya.

1. Bebas Berkarya

Artjogja via Instagram/@artjogja

Sekarang bukan waktunya untuk takut berkarya. Jika kamu tak segera memulainya, maka tak akan tahu hasil apa yang didapat. Karya pertama memang akan selalu jelek, tapi berawal dari situ kamu akan tahu bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Teman Traveler bisa mencontoh inspirasi dengan melihat pameran seni, seperti Artjog 2019. Dengan mencari banyak inspirasi, kamu akan bisa mencoba hal yang baru yang sebelumnya belum pernah dipikirkan.

2. Bebas Bekerja sebagai Freelance

Freelance via Instagram/@ykhendrawan

Punya banyak waktu dan kesempatan, bekerja sebagai freelance bisa membuat waktumu menjadi lebih bebas. Kamu bisa menjadi food vlogger ataupun travel vlogger yang punya kebebasan waktu untuk membuat konten. Tak harus terikat dengan orang lain atau perusahaan tertentu, tentunya bisa membuatmu semakin tertantang untuk menaklukkan daerah yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

3. Bebas Traveling

Bebas traveling via Instagram.com/@ykhendrawan

Bebas traveling berarti kamu bisa bebas kemanapun tanpa takut khawatir akan halangan yang mungkin datang. Takut ke Bali karena susah mencari makanan halal, bisa memakai aplikasi yang ada Halal Meter di aplikasi Travelingyuk.

Selain halal meter, kamu akan menemukan kemudahan karena sudah tersedia banyak informasi, baik tentang wisata, maupun akomodasi. Jadi jangan pernah takut untuk eksplor dalam dan luar negeri, ya!

4. Bebas Bersaing dengan Negara Lain

Mengenalkan Indonesia via Instagram/@jeromepollin

Teman Traveler bisa mengenalkan Indonesia dengan pertukaran pelajar, mengikuti lomba di luar negeri, berkarya, dan masih banyak lagi. Sebagai millenial masa kini, tentunya kamu harus tahu peluang apa saja yang bisa kamu manfaatkan. Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi yang memudahkan untuk urusan apapun.

5. Bebas Menghargai Budaya dan Agama Lain

Bebas menghargai orang lain via Shutterstock

Sejak kecil, kita diajari untuk menghargai keberagaman budaya dan agama di Indonesi. Rasa toleransi pada sesama akan memudahkan saat berada di luar negeri, di mana kita mungkin menjadi minoritas. Sebagai millenial yang merdeka, hendaknya kita bisa bebas bertoleransi, serta menghargai keberagaman.

Tunjukkan bahwa millenial di Indonesia juga tak kalah saing dan punya kesempatan yang sama. Semangat ya! Salam merdeka!

Tags
makna kemerdekaan Nusantara
Share