Pria Ini Sulap Makanan Warteg Jadi Hidangan Mewah, Kamu Bisa Nebak Gak?

Familiar dengan hidangan seperti soto atau sambal goreng? Makanan sederhana nan populer tersebut bisa ditemui dengan mudah di warteg. Biasanya, kuliner semacam ini tampil sederhana dan apa adanya. Namun di tangan seorang pria bernama Dade Akbar, semua makanan ala warung tegal dibikin naik kelas.

Dade Akbar adalah seorang pria lulusan Desain Komunikasi Visual ITENAS Bandung yang juga punya hobi memasak. Berawal dari rasa tak puas melihat tampilan hidangan Indonesia yang itu-itu saja, Dade pun coba berkreasi dan menyulap makanan sekelas warteg bak hidangan ala gourmet bernilai seni tinggi.

Kreasi Dade kerap diunggah di akun Instagram warteggourmet dan sering membuat followers-nya bertanya-tanya, apa sebenarnya hidangan yang ia masak. Ingin ikut menebak? Berikut Travelingyuk beberkan sejumlah foto makanan hasil kreasi Dade.

1. Warna-warni Mirip Pelangi

Lapis legit
Kecil tapi warna-warnai via Instagram warteggourmet

Hidangan satu ini diisi banyak elemen warna-warni yang ditata dengan begitu cantik. Sepintas sulit sekali untuk dikenali, namun ternyata ini adalah lapis legit. Untuk kreasinya, Dade menamai makanan ini La Peace Legit, keren ya?

2. Ijo-ijo tapi lucu

Dadar gulung
Ijo-ijo tapi ada coklatnya di tengah via Instagram warteggourmet

Bentuknya kecil hijau, dengan isian berwarna kecoklatan di dalamnya. Jika tak konsentrasi, bisa-bisa makanan ini disangka hidangan Prancis. Namun ternyata si mungil satu ini adalah dadar gulung, dengan interpretasi ala Dade tentunya.

3. Kok ada rantingnya ya?

Soto Lamongan
Bentuknya unik ada rantingnya via Instagram warteggourmet

Hidangan satu ini punya nilai estetik tinggi, lihat saja bagaimana ada satu ranting kecil nampang di piringnya. Nuasanya sangat natural. Usut punya usut, makanan ini ternyata adalah soto lamongan.

4. Pernah jadi judul lagu The Beatles

Pempek
Bisa tebak hidangan satu ini gak via Instagram warteggourmet

Untuk hidangan ini, Dade memberi petunjuk ‘pernah jadi inspirasi lagu The Beatles’. Sontak para followers-nya pun langsung menjawab Pempek. Makanan khas Palembang tersebut memang punya varian kapal selam, serupa lagu ‘Yellow Submarine’.

5. Mega Salad

Gado gado
Julukannya Mega Salad via Instagram warteggourmet

Dade menyebut makanan ini sebagai ‘Jakarta’s Mega Salad’. Jika diperhatikan, ada elemen seporsi kecil jagung, krupuk, kentang, dan juga wortel. Sudah bisa menebak? Ya, benar. Hidangan unik ini ternyata adalah gado-gado.

6. Daging Handuk

Soto babat
Di sini ada yang pernah makan daging handuk? via Instagram warteggourmet

Platingnya keren, komposisi warnanya juga bagus. Sulit sekali mengenali kuliner satu ini jika saja tak ada follower yang menulis ‘daging handuk’. Ada yang menebak soto babat? Berarti jawaban kamu tepat.

7. Sundanese Fish Dumpling

Somay Bandung
Katanya sih asli Sunda via Instagram warteggourmet

Disebut Dade sebagai Sundanese fish dumpling, panganan satu ini cocok sekali dimakan di siang hari. Beberapa orang kadang senang menyantapnya dengan tambahan pare, meski terasa pahit. Somay bandung? Benar sekali.

8. Digoreng Dadakan

Tahu bulat
Makanan apa ya, yang digorengnya dadakan via Instagram warteggourmet

Pemeran utama dalam hidangan ini adalah makanan bulat kecoklatan dengan sedikit taburan berwarna merah. Dede membahasakannya sebagai ‘fry round tofu’ dan ditimpali followers-nya dengan kalimat ‘digoreng dadakan’. Well, siapa sangka ternyata tahu bulat bisa tampil cantik seperti ini ya.

9. Idola Warga Indonesia

Pete
Kalo yang satu ini kayaknya sudah bisa ditebak via Instagram warteggourmet

Makanan satu ini seharusnya mudah sekali ditebak. Meskipun baunya kurang sedap, banyak yang mengatakan makan bakal lebih semarak jika menyantap si hijau mungil ini. Ada yang termasuk penggemarnya di sini?

10. Andalan Jakarta

Ketoprak
Ada saus kacangnya, mirip gado-gado via Instagram warteggourmet

Hidangan satu ini dibuat Dade untuk merayakan ulang tahun Jakarta dua tahun lalu. Dengan saus kacang sebagai pusat perhatian, ia menyebutnya dengan istilah K-TOP-RACK alias ketoprak. Yumm, kelihatannya nikmat banget ya.

Itulah tadi beberapa hidangan warteg atau jajanan sederhana yang sukses disulap Dade menjadi makanan berkelas ala hotel bintang lima. Dari foto-foto di atas, berapa banyak yang bisa kamu tebak dengan benar?

Tags
kuliner Wisata Kuliner
Share