Butuh Tenaga Saat Traveling Tapi Takut Gemuk? Santap Ini Saja

Saat traveling tentunya akan membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas. Karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu menyuplai energi untuk tubuh. Namun beberapa orang tak berani mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak, karena takut berat badan meningkat. Tips makanan saat traveling di bawah ini kaya karbohidrat yang akan disebutkan di bawah ini dapat mengurangi ketakutan naik berat badan karena kandungan pati resistennya. Simak ya.

Pisang Hijau

Setiap 100 gram pisang hijau mengandung 6,8 pati resisten via
Setiap 100 gram pisang hijau mengandung 6,8 pati resisten via manfaat.co.id

Meskipun kodratnya sebagai buah, mengkonsumsi pisang saja dapat mengenyangkan perut. Ya, buah ini juga memiliki kandungan tinggi karbohidrat. Namun pati resisten terbanyak dapat ditemukan dalam pisang hijau. Setiap 100 gram pisang hijau, mengandung sekitar 6,8 gram pati resisten. Sedangkan pisang kuning hanya memiliki kandungan sebesat 0.98 gram pati resisten.

Oat

Oats juga kaya akan karbohidrat juga pati resisten via instagram
Oats juga kaya akan karbohidrat juga pati resisten via healthline.com

Oat termasuk makanan yang mengandung pati resisten yang cukup baik. Sekitar 3,6 gram pati resisten dapat ditemukan dalam setiap 100 gram oat. Sementara jenis rolled oat memiliki kandungan pati resisten yang lebih banyak. Dalam setiap 100 gram rolled oat kamu dapat menemukan 11.3 gram pati resisten untuk tubuhmu.

Beras Coklat

Selain kaya paati resisten dan karbo, beras coklat juga mengandung vitamin dan mineral via
Selain kaya paati resisten dan karbo, beras coklat juga mengandung vitamin dan mineral via tokoagro.com

Beras coklat juga disebut kaya akan karbohidrat dan mengandung 3 gram pati resisten dalam setiap 200 gram nasi dingin. Selain karbohidrat dan pati resisten, beras cokelat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu proses pemacahan energi dalam tubuh. Beras putih juga mengandung pati resisiten, namun jumlahnya tak sebanyak yang dimiliki oleh beras coklat.

Kentang

Kentang rebus yang sering menjadi pengganti karbo via
Kentang rebus yang sering menjadi pengganti karbo via solusisehatku.com

Kentang sering kali menjadi makanan pengganti nasi. Memang tanaman ini memiliki karbohidrat yang cukup besar. Namun bedanya, kentang memiliki kadar pati resisten yang cukup tinggi. Jika ingin meningkatkan kadar pati resisten, diamkan kentang hingga mendingin setelah direbus.

Tepung Jagung

Tepung Jagung dapat membantu menstabilkan gula darah via instagram
Tepung Jagung dapat membantu menstabilkan gula darah via rumahmesin.com

Tepung jagung merupakan olahan biji jagung yang digiling halus. Uniknya lagi, untuk meningkatkan kadar pati resisten dalam menu makanmu, kamu dapat menambahkan tepung jagung ke dalam menu makananmu. Selain kaya karbohidrat dan pati resisten, tepung jagung juga dapat membantu menstabilkan gula darah.

Mengisi energi dengan karbohidrat adalah hal yang paling penting. Namun dampaknya terhadap berat badan yang banyak ditakutkan kebanyakan orang. Apa yang biasa kamu konsumsi saat traveling?

Tags
Indonesia Kaya Karbohidrat kuliner traveling Wisata
Share