Ternyata Ini 5 Makanan Pemicu Mimpi Buruk, Apa Saja Ya?

Mengalami mimpi buruk tentu saja menjadi hal menakutkan bagi setiap orang. Melansir dari berbagai sumber, ada sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychology yang menyatakan kalau makanan bisa jadi pemicu mimpi buruk. Kira-kira makanan apa saja ya?

1. Makanan Pedas

Ilustrasi makanan pedas via Shutterstock

Menurut penelitian tersebut, seseorang yang menyantap makanan pedas nantinya akan mengalami kesulitan tidur. Bahkan tak sedikit yang mengatakan kalau mereka pernah mengalami mimpi buruk. Hal ini karena makanan pedas bisa mengubah suhu tubuh dan mengubah formasi tahap tidur rapid eye movement atau REM (gerak mata cepat). 

2. Keju

Ilustrasi keju via Shutterstock

Memang keju merupakan makanan favorit semua orang. Namun ternyata keju mengandung triptofan dengan fungsi sebagai penghambat hormon serotonin yang merangsang tidur.

Tak hanya dalam keju, namun zat tersebut juga terkandung pada semua produk dairy seperti susu, cokelat, cookies, dan sebagainya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membatasi jumlah mengonsumsi santapan seperti keju menjelang tidur. 

3. Keripik Kentang

Ilustrasi keripik kentang via Shutterstock

Memang keripik kentang tidak mengandung kafein dan gula. Namun bukan berarti bisa menjadi camilan sebelum tidur. Hal ini karena sekitar 12,5% penyebab mimpi buruk adalah mengonsumsi makanan ringan secara berlebihan. Apalagi yang diolah dengan bahan-bahan kimia berbahaya.

Makanan ringan merupakan salah satu faktor yang bisa memicu obesitas sehingga akan mengganggu saluran pencernaan. Kalau kamu ingin makan camilan, baiknya gantilah dengan camilan sehat seperti wortel ataupun kacang-kacangan. 

4. Cokelat

Ilustrasi cokelat via Shutterstock

Selanjutnya, makanan manis yang sebaiknya dilewatkan adalah cokelat. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa kebanyakan responden mendapatkan mimpi buruk atau aneh setelah mengonsumsi cokelat.

Selain kopi, ternyata cokelat juga mengandung kafein tinggi. Hal itu telah terbukti bisa mengurangi kenyamanan selama tidur. Baiknya mulai kurangi makanan tersebut agar Teman Traveler bisa mendapat tidur berkualitas.

5. Pasta

Ilustrasi pasta via Shutterstock

Sama seperti makanan dengan kandungan gula lainnya, pasta juga dikatakan sebagai hidangan pemicu mimpi buruk. Pasta mengandung karbohidrat yang bisa berubah menjadi glukosa di dalam tubuh.

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi karbohidrat pada pagi hari. Hal ini agar tubuh bisa mencerna karbohidrat lebih lama sebelum jam tidur. Jika merasa lapar dan ingin kenyang saat menjelang tidur, disarankan untuk mengonsumsi buah ataupun mie vegan yang tidak banyak mengandung kalori.

Itu dia beberapa makanan pemicu mimpi buruk yang harus diketahui. Tentu saja masih ada banyak faktor lain yang jadi pemicu. Namun jika kamu mengalami mimpi buruk, bisa saja makanan di atas adalah penyebabnya. Yuk mulai beralih makan makanan yang lebih sehat!

Tags
Cokelat keju kentang makanan pemicu mimpi buruk Makanan Terpedas Pasta
Share