Daftar Lima Makanan Nasional Versi Kemenpar, Apa Aja Isinya?

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Namun belum lama ini, pemerintah telah memilih lima masakah yang dianggap paling mewakili budaya asli Nusantara. Hal tersebut tertuang dalam daftar lima makanan nasional versi Kemenpar yang diumumkan belum lama ini.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyatakan bahwa 30 hingga 40 persen pengeluaran wisatawan kerap dialokasikan untuk wisata kuliner. Oleh karena itu, pemerintah kemudian berinisiatif memberikan identitas nasional pada sejumlah masakan agar bisa kian dikembangkan ke depannya. Lantas apa saja isi daftar makanan nasional versi Kemenpar? Berikut Travelingyuk beri penjelasan lengkapnya.

1. Soto

Semangkuk soto via Instagram buncitinperut

Soto adalah salah satu kuliner populer Indonesia. Tak sulit menemukannya, karena makanan berkuah ini dijajakan mulai dari warung kaki lima hingga hotel kelas atas. Variannya pun bermacam-macam, tergantung daerah tempat menyajikannya.

Ada Soto Lamongan yang sudah terkenal di seantero Nusantara. Ada pula Soto Bandung, yang punya keunikan berupa kuah bening dan tambahan lobak. Tak heran jika soto kemudian masuk dalam daftar lima makanan nasional versi Kemenpar yang diumumkan belum lama ini.

2. Rendang

Kuliner rendang via Instagram ìnspirasipagi

Sempat ramai dibicarakan karena dinilai juri Masterchef UK harus disajikan dengan tekstur crispy, rendang sejatinya merupakan cara memasak yang diciptakan oleh masyarakat Minangkabau. Jenis utama rendang ada dua macam, basah dan kering. Namun terlepas dari itu, masing-masing daerah punya ciri khas sendiri dalam memasang rendang.

Namun unsur utama dari rendang yang tak boleh terlupa adalah proses memasaknya yang memakan waktu berjam-jam. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar bumbu kian meresap dan membuat daging tahan lama. CNN sendiri pernah menobatkan rendang sebagai makanan terenak seluruh dunia.

3. Sate

Sate ayam via Instagram the.lucky.belly

Siapa yang tak terpesona dengan rasa hidangan berbahan daging atau ayam ini? Rasanya yang khas dengan siraman bumbu spesial membuat sate selalu jadi primadona di manapun disajikan. Ragamnya pun banyak, tergantung di daerah mana kita memakannya.

Sate klathak di Bantul misalnya, disajikan dengan tusuk berupa ruji sepeda dengan potongan daging ukuran besar. Lain lagi dengan Sate Taichan yang sempat ngetren, di mana daging ayamnya tampak masih putih karena dibakar setengah matang.

4. Nasi goreng

Nasi goreng via Instagram homenhawker

Bahannya mudah didapatkan, cara membuatnya praktis, dan rasanya nikmat. Tiga unsur ini membuat nasi goreng begitu lekat di hati masyarakat Indonesia. Kuliner sederhana ini tak hanya tersedia di kedai kaki lima, namun juga disajikan di sejumlah hotel papan atas.

Bahkan artis-artis serta tokoh luar negeri pun sering penasaran dengan nasi goreng jika sedang berkunjung ke Indonesia. Salah satunya band fenomenal The Script, yang baru saja menggelar konser di Tanah Air. Begitu mendarat, mereka langsung sarapan dengan nasi goreng saking tak sabarnya ingin mencicipi makanan asli Indonesia ini.

5. Gado-gado

Gado – Gado via Instagram hobby.ngemil

Gado-gado bisa dibilang sebagai salad-nya orang Indonesia. Isiannya berupa beragam sayuran, plus potongan telur, tempe, dan tahu, yang kemudian disiram saus kacang. Untuk membuat rasanya kian semarak, biasanya ditambahkan juga taburan bawang goreng dan emping.

Panganan ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia dan terus lestari hingga kini. Jika diperhatikan, ada beberapa makanan lain di Nusantara yang penyajiannya tak jauh beda dari gado-gado, seperti lotek, rujak, pecel, dan juga ketoprak.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai hidangan yang masuk dalam daftar lima makanan nasional versi Kemenpar. Tentunya sekarang kita bakal semakin bangga jika menikmati semua kuliner tersebut, Setuju?

Tags
Indonesia kuliner Wisata Kuliner
Share