Dari yang Klasik sampai Penambah Vitalitas, Inilah 4 Makanan Mewah di Jepang

Kalau ada negara yang disebut sebagai pusat kuliner mewah di dunia, barangkali yang dimaksudkan adalah Jepang. Saking banyaknya kuliner mewah di Negeri Matahari ini, menghabiskan ratusan sampai ribuan USD untuk seporsi makanan bukanlah hal yang mustahil.

Baca Juga :13 Tempat Makan Halal di Pulau Bali

Dengan predikatnya mahal dan mewah, kuliner tersebut memang menuntut setiap chef untuk mencurahkan segenap teknik dan hasratnya. Bahan yang digunakan pun senantiasa dalam kualitas terbaik. Berikut adalah 4 kuliner Jepang yang masuk dalam kategori mewah:

Edomae Sushi

Jepang, khususnya Tokyo, memiliki banyak restoran sushi dengan tiga bintang Michelin. Dalam dunia kuliner, tiga bintang yang disematkan pada suatu restoran menunjukkan betapa kualitasnya telah diakui pada tingkat dunia.

Edomae Sushi
Edomae Sushi [Image Source]
Salah satu sushi yang sering dijumpai dalam restoran dengan tiga bintang Michelin adalah edomae sushi. Sesuai namanya, edomae sushi memang sushi yang dibuat dengan metode klasik zaman Edo. Bukan hanya dalam urusan metode, bahannya pun diimpor dari China, Kadana, dan Selandia Baru. Terbayang betapa mewahnya jenis sushi yang satu ini. Seporsi edomae sushi bisa mencapai $300 USD atau lebih.

Fugu

Fugu adalah salah satu makanan mewah yang mematikan. Disebut-sebut 100 kali lipat lebih beracun daripada sianida, ikan yang satu ini bisa berbahaya kalau tidak diolah dengan benar. Itulah sebabnya tidak sembarang chef diperbolehkan menyajikan fugu. Hanya chef yang memiliki sertifikat dan lisensi dari pemerintah yang boleh ‘menanganinya’.

Fugu
Fugu [Image Source]
Fugu sendiri bisa disajikan sebagai sashimi, karaage, nabe, dan yakifugu. Mengingat harganya yang berada di kisaran $100-$200 USD, masyarakat Jepang kebanyakan hanya bisa mengudap sajian fugu satu atau dua tahun sekali. Apalagi fugu yang ditangkap dari laut lepas memiliki harga lebih mahal daripada fugu peternakan.

Yubari King Melon

Inovasi Jepang dalam urusan buah dikenal dengan high-end fruit. Jangan heran kalau di negerinya para samurai ini bisa ditemui inovasi semangka high-end yang berbentuk kotak. Harganya pun tidak tanggung-tanggung, yakni sekitar $200 USD per buah.

Yubari King Melon
Yubari King Melon [Image Source]
Tapi semangka tersebut di atas masih tampak murah kalau dibandingkan dengan Yubari King Melon. Yubari Melon pada umumnya memang memiliki harga di kisaran $200 USD. Tapi dengan selipan kata ‘king’ di tengahnya, sepasang Yubari King Melon asal Hokkaido terjual sampai $20.000 USD lewat pelelangan pada tahun 2008. Benar-benar rajanya melon!

Suppon

Suppon tidak lain bahasa Jepang untuk penyu bertempurung lunak. Meskipun sekilas lalu tampak sebagai binatang yang aneh, suppon memiliki cita rasa yang lezat. Dagingnya juicy dan bergelatin, juga sangat baik untuk kulit karena kaya akan kolagen.

Suppon
Suppon [Image Source]
Bukan hanya bermanfaat untuk penampilan fisik seseorang, suppon juga dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual dan vitalitas pria. Itulah sebabnya suppon banyak diminati oleh masyarakat Jepang, meskipun harganya mencapai  $100 untuk sepotong kecil daging. Uniknya, suppon bisa dikonsumsi dengan sake dan telur, atau dimakan mentah.

Baca Juga :Gara-Gara Film AADC 2, 10 Tempat-Tempat Ini Jadi Makin Ngehits

Itulah empat dari sekian banyak makanan mewah di Jepang. Sedikit saran bagi Anda yang ingin mencicipinya, sebaiknya siapkan dulu isi dompet Anda. Jangan sampai Anda membayar dengan selembar KTP.

Tags
kuliner Jepang makanan Jepang wisata di jepang
Share