Ragam Makanan Lebaran yang Tahan Sampai Seminggu

Momen lebaran datangnya satu tahun sekali. Maka dari itulah, beragam sajian spesial disuguhkan. Dan banyak hal-hal direncanakan dengan sebaik-baiknya. Nah, karena seringkali saat lebaran orang-orang sibuk bersilaturahmi, bakal punya sedikit waktu untuk memasak. Alih-alih memasak, orang-orang lebih memilih untuk lebih praktis membeli. Padahal, ada beberapa makanan lebaran tahan lama sampai seminggu sehingga kamu tidak perlu untuk kelaparan meskipun malas memasak.

Berikut ini adalah makanan lebaran yang tahan sampai seminggu yang mungkin bisa dijadikan sebagai persediaan nantinya. Apalagi, sebagian besar asisten rumah tangga akan pulang kampung saat momen Idul Fitri. Siapkan makanan lebaran berikut ini dan kamu akan bebas kelaparan meskipun tidak masak selama seminggu lamanya.

Rendang

Rendang, Via Instagram sarimandemetropolitan
Rendang, Via Instagram sarimandemetropolitan

Rasanya enak dan mudah dibuat, rendang merupakan kuliner yang bisa banget untuk banyak dibuat saat Idul Fitri tiba. Bisa menjadi kalio hingga menjadi rendang basah. Dipanaskan berulang kali juga tidak akan berkurang kelezatannya. Bahkan, kamu juga bisa membuat rendang kering yang bisa bertahan sampai sebulan lamanya. Bisa makan enak meski malas masak ya.

Kering Tempe

Kering tempe, Via Instagram seto_beri
Kering tempe, Via Instagram seto_beri

Untuk lauk lain yang bertahan sampai seminggu adalah kering. Ada kering tempe, kering kacang teri, ataupn juga kering kentang yang digoreng sampai garing. Bahan-bahannya mudah didapat dan pembuatannya tidak terlalu rumit, aneka jenis kering ini bisa jadi alternatif kuliner lebaran. Bisa disimpan dalam toples, sehingga akan makin tahan lama.

Kue Kering

Kue kering, Via Instagram susila_ningrum
Kue kering, Via Instagram susila_ningrum

Selalu ada di meja ataupun di dalam kulkas, kue kering bisa menjadi amunisi saat lebaran datang. Bisa menjadi suguhan untuk tamu-tamu yang datang ke rumah, ataupun juga bisa menjadi pengganjal perut jika belum sempat memasak. Kue kering banyak sekali macamnya. Jadi, tinggal pilih mana yang paling digemari dan belilah dalam jumlah yang cukup untuk persediaan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, Via Instagram narni_astriani
Kacang-kacangan, Via Instagram narni_astriani

Selain kue kering, jenis camilan lain yang bisa kamu perbanyak saat lebaran adalah aneka kacang-kacangan. Ada kacang bawang, kacang telur, dan lain sebagainyanya. Kacang-kacangan ini selain enak dijadikan camilan, juga sangat nikmat saat dijadikan sebagai teman makan. Bisa teman makan bakso, soto ataupun juga mie.

Abon

Abon, Via Instagram bigdfood_abon
Abon, Via Instagram bigdfood_abon

Nah ada juga kuliner lebaran berupa abon yang terbuat dari aneka daging. Ada daging ayam, daging sapi, daging ikan laut, dan lain-lain. Rasanya gurih, asin, manis dan cocok dinikmati dengan nasi hangat. Hanya bermodalkan abon saja kamu tidak akan kelaparan meskipun tidak masak. Bisa jadi alternatif kuliner yang dipilih kala lebaran tiba bukan?

Aneka Keripik

Aneka keripik, Via Instagram banjarinfo
Aneka keripik, Via Instagram banjarinfo

Terakhir ada aneka keripik yang jumlahnya bisa diperbanyak saat lebaran tiba. Keripik merupakan makanan kering yang selama ini banyak disukai. Bisa jadi teman makan ataupun juga camilan. Ada keripik tempe, keripik paru, keripik tahun keripik belut dan lain sebagainya. Bisa banget menjadi bahan bakar kala energi sudah terkuras bukan?

Ada rendang, aneka keripik, abon, kue kring, kacang-kacangan dan juga kering tempe yang bisa kamu pilih untuk dikonsumsi saat lebaran datang ya. Silaturahmi jalan, makan tetap kenyang.

Tags
makanan lebaran tahan lama
Share