Makanan Berkuah yang Cocok Disantap di Bulan Puasa, Rasanya Juara!

Setelah menahan dahaga seharian ketika berpuasa, banyak orang memilih mengonsumsi minuman dingin dan manis. Namun ada cara lain untuk mengisi ulang tenaga dengan mencicipi makanan berkuah berikut. Berbicara soal kuliner Indonesia memang banyak ragamnya. Penasaran ada apa saja? Catat daftarnya ya!

Soto

Makanan berkuah
Soto jadi makanan berkuah yang segar, via Instagram/kulinergresik

Orang Indonesia pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya Soto. Makanan ini pun memiliki banyak jenis mulai dari Soto Betawi, Madura, Lamongan, Banjar, dan lain-lain. Hidangan yang cocok disantap kapan saja ini memiliki cita rasa yang otentik bahkan ngangenin.

Bahkan nggak sedikit wisatawan mancanegara yang terpikat akan rasa dan penampilannya. Kuah kuning dan isiannya yang bermacam-macam, pas banget buat ngenyangin perutmu sehabis berpuasa seharian.

Bakso

Bakso isi daging dan cabai
Bakso isi daging dan cabai, via Instagram/baksobapermissjudes

Makanan berkuah lain yang nggak kalah nikmat datang dari bakso. Satu porsi biasanya terdiri dari mie, daging yang dibentuk bulat, taburan daun dan bawang goreng, serta gorengan ini menjadi favorit semua kalangan.

Kuahnya yang gurih dan hangat sukses bikin ketagihan deh. Maka dari itu, kuliner satu ini memang paling pas disantap ketika musim dingin. Saat ini, ada bermacam variasi bakso yang dapat Teman Traveler jumpai. Mulai dari isian keju, cabai, hingga telur. Menarik banget kan dipilih jadi menu buka puasa?

Sop Buntut

Sop Buntut
Sop Buntut, via Instagram/eatandcapture

Sesuai dengan nama, Sop Buntut merupakan sebuah hidangan berbahan dasar ekor sapi. Memiliki tekstur daging empuk, kuah bening dengan tambahan wortel, tomat, dan daun bawang menciptakan rasa segar serta punya aroma yang wangi. Bumbu yang kaya rempah membuat sop buntut terasa gurih. Hidangan ini pun kembali diburu setelah muncul di dalam film “Aruna & Lidahnya”.

Rawon

Semangkuk rawon yang kaya akan rasa
Semangkuk rawon yang kaya akan rasa, via Instagram/dwiarifwicaksono

Terakhir tak ketinggalan, ada kuliner kuah berwarna cokelat yang disantap dengan potongan daging, apalagi kalau bukan rawon. Tak sulit untuk menemukan makanan khas Jawa Timur ini, mulai dari warung hingga restoran pun menjualnya. Hidangan tersebut bisa mengenyangkan jika disantap dengan nasi.

Kuahnya yang gurih akan terasa segar jika ditambah perasan air jeruk nipis. Pasti nggak cukup nih kalau satu porsi. Walau zaman semakin berkembang, rawon tetap muncul dengan tampilan dan rasa yang sama. Itulah yang menjadikan makanan ini semakin dirindukan banyak orang.

Nah, itulah rekomendasi makanan berkuah yang cocok disantap ketika berbuka puasa. Kira-kira kuliner apa nih yang menjadi favorit Teman Traveler?

Tags
Indonesia kuliner Kuliner Ramadan
Share