Makanan Berkuah Kalimantan Selatan, Sedapnya Bikin Ketagihan!

Masakan Indonesia memiliki banyak ragam dan cara pengolahan berbeda. Selain itu penggunaan bumbu rempah juga menjadikan kuliner di setiap derah punya cita rasa otentik. Seperti makanan berkuah dari Kalimantan Selatan berikut. Setiap hidangan punya karakteristik dan tampilan yang bakal buat Teman Traveler tergoda. Wah, seperti apa ya? Kepoin bareng yuk!

Soto Banjar

Masakan berkuah kalimantan selatan
Kuah segar dari Soto Banjar via Shutetrstock

Mungkin, untuk kuliner satu ini sudah tak asing lagi di telinga. Karena banyak rumah makan di beberapa kota besar yang menjualnya. Soto Banjar ialah masakan khas Kalimantan Selatan.

Perbedaannya terletak pada bahan dan warna kuah yang lebih keruh karena tambahan sedikit susu dalam proses pembuatannya. Satu mangkuk biasanya terdiri dari beberapa kondimen seperti perkedel, potongan wortel, dan ketupat. Wah, bisa bikin kenyang nih!

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan
Kuah santan Ketupat Kandangan via Shutterstock

Ingin mencicipi masakan berkuah santan yang gurih? Ketupat Kandangan jadi opsi tepat. Ciri khas dari kuliner satu ini yaitu penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan harus dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak menggunakan santan.

Lalu, ikan beserta kuahya disiram ke atas ketupat. Kuahnya sedikit lebih kental. Bumbu rempah yang digunakan seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Kebayang bagaimana gurihnya?

Gangan Humbut

Sayur Gangan Humbut
Sayur tradisional Gangan Humbut via Instagram/dapurhalal_mama_aisy

Makanan berkuah khas Kalimantan Selatan berikut bernama Gangan Humbut. Bahan dasarnya terdiri dari rebung dan iga sapi. Rasanya juga manis dan gurih karena kaya akan rempah. Sayur tradisional ini biasa hadir di setiap acara seperti hajatan, perkawinan, dan lain-lain. Hidangan akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Bikin ngiler deh!

Hampap

makanan berkuah kalimantan selatan
Hampap atau Iwak Karing Batanak via Instagram/carolinelc88

Selanjutnya ada lauk khas Kalsel tepatnya di kawasan Hulu Sungai bernama Hampap (Iwak Karing Batanak). Bahan dasar masakan ini terdiri dari ikan haruan (gabus) yang telah dijemur setengah kering lalu dimasak dengan bumbu khusus.

Rasanya juga lezat dan gurih. Satu porsi terdiri dari pucuk labu, labu kuning, dann kacang panjang. Jika ingin lebih kenyang, Teman Traveler bisa tambahkan nasi hangat.

Nah, makanan berkuah Kalimantan Selatan nggak hanya soto banjar saja kan? Ternyata masih ada kuliner lain yang nggak kalah lezat. Kalau liburan ke sini jangan lupa untuk mencicipinya ya!

Tags
Kalimantan Selatan kuliner
Share