10 Makam dengan Desain Batu Nisan Paling Tidak Wajar

Pada umumnya makam berbentuk suatu gundukan tanah yang di atas dan di bawahnya terdapat batu nisan yang menginformasikan siapa yang dimakamkan di sana. Namun tidak semua makam memiliki bentuk yang sama. Di dunia ini ada banyak makam yang dibangun dengan desain yang nyeleneh, mungkin maksudnya untuk menghilangkan kesan angker dari sebuah makam.

Baca Juga :10 Tempat di Indonesia Yang Membuatmu Serasa Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Makam-makam berikut ini memiliki bentuk yag tidak wajar, mulai dari batu nisan yang berbentuk jepitan baju, hingga makam sepasang kekasih yang batu nisannya didesain degan bentuk tangan yang saling berjabat tangan. Berikut ulasan lengkap makam-makam di dunia yang memiliki penampakan tidak wajar.

1. Makam dengan Batu Nisan Berbentuk Tangan Bergandengan di Belanda

Sepintas orang tidak akan menyangka jika bangunan ini adalah sepasang batu nisan. Bentuknya menyerupai patung yang memiliki simbol tersendiri, namun ini adalah batu nisan yang memang memiliki cerita tersendiri dibalik pembangunannya. Adalah sepasang suami istri beda agama yang memutuskan hidup bersama dengan perbedaan yang ada.

Makam dengan Batu Nisan Berbentuk Tangan Bergandengan di Belanda (c) oddee
Makam dengan Batu Nisan Berbentuk Tangan Bergandengan di Belanda (c) oddee

Sang suami adalah seorang Kolonel Kavaleri sekaligus Komisaris Militer Belanda bernama J.W.C van Gorcum beragama kristen protestan sedangkan sang istri beragama kristen katolik bernama J.C.P.H van Aefferden. Pada tahun 1842 mereka menikah dan pernikahan tersebut sangat ditentang masyarakat Roermond karena mereka berbeda keyakinan. Akhirnya sang suami meninggal setelah usia pernikahan mereka berumur 38 tahun.

Jasad Gorcum dimakamkan di pemakaman khusus protestan. Delapan tahun berselang sang istri juga meninggal dan ia ingin dimakamkan di sebelah makam suami namun hal tersebut tidak mendapat izin. Sehingga jasad Aefferden dimakamkan di pemakaman katolok yang jaraknya tidak jauh dari makam protestan. Makam itu hanya dibatasi dengan tembok sehingga dibangunlah nisan yang tinggi dan di atasnya dibangun patung tangan yang saling menggenggam. Sampai segitunya ya kisah mereka berdua?

Selanjutnya : 2. Makam Berbentuk Patung Diri Sendiri di Argentina

Tags
Amerika Serikat Argentina Belanda Luar negeri makam mistis Paris prancis
Share