Mak Semarangan Jogja, Menu Jawa Pesisir Utara dengan Rasa Juara yang Pas untuk Berbuka

Berlibur ke Jogja tak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner. Bukan sekedar kuliner khas Kota Pelajar, namun tepatnya sajian khas Jawa pesisir utara alias Semarang. Ya, Teman Traveler tak perlu meninggalkan Jogja untuk bisa merasakan sajian ala Kota Lumpia. Teman Traveler cukup datang ke Mak Semarangan yang berada di kawasan Kabupaten Sleman.

Resto unik ini menyajikan beragam masakan ala Jawa pesisir utara dengan rasa yang benar-benar juara. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Resto Semarangan di Kota Gudeg

Menu Jawa Pesisir Utara (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Resto ini berlokasi di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Monjali No.90A, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogjakarta. Sangat mudah dicari, lantaran berada tak jauh dari pusat kota.

Jika berangkat dari Tugu Jogja, Teman Traveler bisa arahkan kendaraan ke utara melewati Jalan AM. Sangaji hingga Jalan Monjali. Jaraknya sekitar 3,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit.

Mak Semarangan buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 23.00, cocok jadi tempat andalan untuk santap siang atau malam. Mengedepankan masakan khas Jawa sebagai unggulan, resto ini menawarkan beragam varian sajian dengan harga terjangkau.

Nuansa Vintage dan Modern

Gaya vintage di lantai dua (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Resto Mak Semarangan terdiri dari empat lantai. Beberapa ruang makan di sini mengusung konsep berbeda. Di lantai dua Teman Traveler akan mendapati nuansa vintage tradisional. Dekorasinya didominasi benda-benda jadul serta antik. Suasananya terkesan adem dan tenang, apalagi ditemani dengan lantunan lagu-lagu syahdu.  

Konsep modern di lantai tiga (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berbeda dengan lantai dua, lantai tiga mengusung gaya modern. Pencahayaan di sini lebih terang. Interiornya juga terkesan kekinian dan tampak keren. Di beberapa sudut nampak dekorasi berupa action figure sejumlah karakter fiksi terkenal. Sentuhan tersebut membuat ruangan di sini tampak semakin menarik.   

Salah satu sudut di lantai paling atas (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Naik ke lantai empat, terdapat area yang tak kalah kece. Konsep yang diusung di sini adalah minimalis. Salah satu dindingnya dihiasi gambar superhero Marvel dan DC Comics. Meski tidak begitu luas, lantai ini terbilang nyaman untuk bersantap ramai-ramai bersama keluarga atau teman.

Cita Rasa Jawa Pesisir Utara

Pilihan menu rasa juara (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sesuai namanya, Mak Semarangan menyajikan beragam menu masakan khas Jawa pesisir utara. Teman Traveler bisa memilih mulai makanan berat, cemilan, dessert, hingga aneka minuman.

Untuk makanan berat, Teman Traveler bisa mencicipi kuliner Jawa yang menggugah selera seperti Nasi Asem-Asem Daging Sapi, Nasi Garang Asem, Nasi Babat Gongso, Lontong Opor, atau Nasi Ayam Semarangan.  

Lontong Tahu Telur (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Salah satu menu yang menarik untuk dicoba adalah Lontong Tahu Telur khas Mak Semarangan. Seporsinya disajikan dengan beragam isian, mulai dari lontong, telur dadar, tahu, aneka sayuran, serta taburan kacang goreng. Rasanya kian nikmat dengan siraman saus kacangnya. Harganya sangat terjangkau, bisa ditebus dengan bermodal Rp20.000 saja.

Lumpia khas Semarang (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Ingin mencoba kudapan tak kalah enak? Teman Traveler bisa coba pesan aneka menu seperti siomay, tahu goreng petis, atau lumpia. Namun satu yang pantang dilewatkan adalah Loenpia khas Semarang.

Isiannya terdiri dari rebung, telur, ayam, dan udang. Rasanya tak kalah enak dengan lumpia di Semarang. Disajikan dengan saus dan acar, satu porsi dibanderol seharga Rp12.500.  

Ketan susu (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika sedang ingin makan yang manis-manis, Teman Traveler bisa coba ketan ala Mak Semarangan. Pilihan rasanya cukup beragam, mulai dari ketan susu, keju, cokelat, hingga durian. Harga per porsinya dibanderol antara Rp12.000 hingga Rp20.000. Jika tak suka ketan, kalian juga bisa mencoba brownies, pisang panir cokelat, pai, atau es krim.

Wajib Icip Egg Tart ala Portugal

Portuguese Egg Tart ala Mak Semarangan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menyajikan menu tradisional Jawa, Mak Semarangan juga menjajakan menu western dan aneka pastry menggoda selera. Salah satunya adalah Portuguese Egg Tart, yang bisa dijadikan buah tangan.

Egg tart ini merupakan pertama yang ada di Jogjakarta dan kini dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Mak Semarangan. Per potongnya dibandrol seharga Rp7.000. Teman Traveler bisa juga membeli satu box dengan isi enam potong.

Semua egg tart dijual dalam kondisi fresh, langsung matang dari oven hari itu juga. Jika Teman Traveler sedang bingung mencari oleh-oleh di Jogja, egg tart ala Mak Semarangan bisa jadi alternatif.    

Tak Hanya Sekedar Resto

Galeri kain dan kerajian batik (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Mak Semarangan bukan hanya sekedar resto. Teman Traveler juga akan menemukan ruangan galeri di lantai dua. Di sini kalian bisa membeli kain, baju, dan tas serba batik.

Batik ini juga bisa jadi alternatif buah tangan untuk sanak famili atau rekan Teman Traveler di rumah. Asyiknya lagi, area ini juga dilengkapi playground. Sangat membantu, terutama untuk pengunjung yang membawa anak kecil.  

Area Playground (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menawarkan menu lezat dan tempat nyaman, Mak Semarangan juga memiliki beberapa spot foto Instagenic. Sangat keren dijadikan sebagai latar belakang berpose dan kerap jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Salah satunya spot Teddy Bear di lantai tiga, wajib hukumnya berfoto di sini jika sedang berada di Mak Semarangan.  

Foto bersama teddy bear (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Mak Semarangan. Bagi Teman Traveler yang kangen masakan khas Semarang tapi sedang berada di Kota Gudeg, kuliner Jogja ini bisa jadi alternatif pas. Selamat mencoba!

Tags
Indonesia Jogja kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share