Madakaripura, Air Terjun di Probolinggo yang Kini Makin Hits

Advertisement

Berlibur ke Jawa Timur tidak akan membuatmu bosan karena ada ribuan wisata yang disuguhkan. Di Malang dan Batu saja rasanya selalu ada destinasi baru yang bisa dikunjungi. Nah,di kota tak jauh dari sana, yaitu Probolinggo juga ada wisata alam yang sangat indah, rasanya sayang jika dilewatkan begitu saja. Wisata apa, sih?

Air Terjun Magis di Probolinggo

Kolam di bawah Air terjun Madakaripura
Kolam di bawah Air terjun Madakaripura [image source]
Air terjun Madakaripura ini cukup nesar dan selalu deras. Ada tebing tinggi yang hijau yang mengelilingi air terjun ini. Panorama ini membuat pemandangan Madakaripura semakin sempurna. Di balik keindahan ini, Madakaripura menyimpan mitos. Menurut cerita, air terjun ini merupakan tempat bertapa Patih Gajah Mada. Ada pula kisah yang menyebutkan bahwa sang patih mendapatkannya dari Raja Majapahit karena berhasil menyatukan bumi pertiwi.

Indahnya Air Terjun Madakaripura
Indahnya Air Terjun Madakaripura [image source]

Membelah Hutan demi Keindahan yang Luar Biasa

Jalanan ke air terjun
Jalanan ke air terjun [image source]
Madakaripura berada di kawasan Taman Nasional Tengger. Jangan heran jika cuaca di sepanjang perjalanan sejuk dan sangat menyenangkan. Dari tempat parkir, kamu harus berjalan kurang lebih 60 menitan untuk sampai di titik air terjun. Akan ada guide yang siap membimbingmu. Namun, jika ingin berjalan sendiri pun sudah disedikan jalan setapak di pinggiran hingga sampai di tujuan. Meski termasuk trekking yang panjang, namun kamu akan dibuat kagum karena berjalan di tengah hutan. Hindari berkunjung ke sini saat musim hujan, ya.

Suasana Air Terjun Madakaripura
Suasana Air Terjun Madakaripura [image source]

Jalanan Menuju Air Terjun Madakaripura

Pepohonan di sepanjang jalan menuju Air Terjun Madakaripura
Pepohonan di sepanjang jalan menuju Air Terjun Madakaripura [image source]
Madakaripura dapat ditempuh dari kota Malang maupun Probolinggo. Lokasi air terjun ini berada di Desa Branggah, Sapih, Lumbang, Probolinggo. Jalanan menuju wisata yang satu ini berkelok-kelok. Namun tak perlu khawatir, kamu akan dihibur dengan indahnya pepohonan sekitar yang hijau dan asri. Rasanya ingin berhenti di setiap kelokan untuk mengabadikannya lewat foto. Jalanannya aja sudah sangat menyejukkan, tunggu ketika kamu sampai di lokasi. Mulailah perjalananmu dari pagi hari dan usahakan pulang sebelum gelap, ya. Baru-baru ini bahkan ada spot baru untukmu berselfie yang menunjukkan pemandangan kota mangga tersebut dari ketinggian.

Spot foto di Madakaripura
Spot foto di Madakaripura [image source]

Wisata Lain yang Ada di Probolinggo

Mahony Grand Park
Mahony Grand Park [image source]
Tak jauh dari Madakaripura, ada Songa yang kini dikenal dengan arung jeramnya yang menangtang. Atau kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke Kota Probolinggo karena ada banyak wisata lain yang akan mengejutkanmu. Terbaru di sini adalah Mahony Grand Park yang berada di daerah Tukul, Sumber. Di sini banyak disediakan spot selfie dan juga permainan outbond yang seru seperti flying fox. Selain itu, yang memang sedang hits di Probolinggo adalah Bee Jay Bakau Resort. Di sini ada Resto Tenda, lokasi yang sempurna untuk menunggu sunset.

BJBR
BJBR [image source]

Kuliner Probolinggo yang Wajib Dicicipi

Kikil Bakso Probolinggo
Kikil Bakso Probolinggo [image source]
Tak hanya wisata yang cocok untuk refreshing bersama sahabat atau keluarga, Kota Mangga ini juga memiiliki beberapa kuliner andalan. Di antaranya adalah Tahu Campur Kikil dan Bakso yang berada di Jalan Soekarno Hatta. Yang juga tak boleh terlewatkan oleh kamu saat berkunjung ke Probolinggo adalah Bakso Eddy yang juga berada di jalan yang sama. Jangan salah, bakso ini bahkan sudah dikunjungi oleh setiap artis yang datang ke kota ini, lho. Yakin tak mau coba?

Bakso Eddy
Bakso Eddy [image source]
Air Terjun Madakaripura

Lokasi: Dusun Branggah, Sapih, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur 67183

Nah, sudah siap kembali bermain dengan alam, kan? Coba ajak sahabat terdekat untuk memulai petualangan di Air Terjun Madakaripura. Bagaimana, jadi kapan nih?

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Timur Probolinggo
Share