Macam-Macam Pancake di Dunia, dari yang Manis Hingga Asin

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Macam-macam pancake dari berbagai negara. Macam-macam pancake dari berbagai negara.

Pancake biasanya dijadikan sebagai menu sarapan orang-orang Amerika. Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya pun mudah sehingga hidangan ini menjadi hidangan favorit banyak orang. Pancake biasanya disajikan dengan topping manis. Namun ternyata ada banyak jenis dari berbagai negara. Bahkan ada yang disajikan dengan topping gurih. Berikut macam-macam pancake dunia. Mana favoritmu?

Pancake Klasik Amerika

Pancake klasik amerika
Pancake klasik amerika Via Instagram/whole.run

Macam pancake satu ini seringkali dijumpai dan disantap. Ciri khas dari pancake klasik adalah teksturnya yang empuk karena dalam pembuatannya menggunakan campuran baking soda. Pancake klasik biasanya dicampur dengan sirup maple agar terasa lebih manis. Selain tambahan sirup maple, pancake biasanya ditambahkan dengan buah-buahan seperti strawberry, blueberry, dan raspberrry dengan tambahan krim. Pancake juga biasanya dijadikan hidangan penutup atau sarapan pagi karena tidak terlalu berat dan rasanya yang manis.

Injera

Injera pancake Afrika
Injera pancake Afrika Via Instagram/kyliesbites

Mungkin Teman Traveler masih asing dengan pancake satu ini. Injera berasal dari negara Afrika, khususnya populer di Ethiopia dan Eritrea. Injera sangat praktis dan efisien, karena bisa sekaligus dijadikan alas makan sehingga tidak lagi membutuhkan piring. Macam pancake yang satu ini berbentuk bulat seperti biasanya.  Bahan-bahan untuk membuat Injera adalah tepung yang terbuat dari sejenis rumput bernama teff, kemudian dimasak di piring dari tanah liat dan dipanggang di atas api. Injera justru biasanya disajikan dengan hidangan asin lainnya.

Crepes

Crepes pancake Eropa
Crepes pancake Eropa Via Instagram/ourfooddiary.id

Pancake satu ini juga sudah tidak asing lagi di Indonesia. Crepes adalah pancake yang berasal dari Eropa dan biasanya dijumpai di beberapa negara seperti Perancis, Belgia, dan Swiss. Pancake satu ini memiliki tekstur yang lebih lembut, empuk, dan juga padat. Walaupun begitu, cara menyantapnya tidak terlalu berbeda. Crepes diberi tambahan topping seperti selai coklat, buah-buahan dan makanan manis lainnya.

Serabi

Serabi pancake ala Indonesia
Serabi pancake ala Indonesia Via Instagram/jajanbeken

Jajanan tradisional yang merupakan pancake dari Indonesia adalah Serabi. Serabi merupakan pancake yang bercitarasa nusantara. Macam pancake yang ini terbuat dari tepung beras dengan penyajian yang cukup bervariasi, yaitu diberi topping santan dan bisa ditambahkan gula merah. Serabi sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu manis dan asin. Serabi asin disajikan dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Karena zaman terus berkembang, topping serabi pun mulai bermacam-macam.

Ternyata Pancake tidak hanya memiliki satu jenis ya. Ada yang manis, hingga gurih.  Apakah Teman Traveler sudah mencoba semua pancake di atas?