Macam-macam Sajian Ketupat Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Advertisement

Ketupat merupakan makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Karena kuliner ini banyak ditemukan saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Namun di beberapa derah makanan ini juga dapat ditemukan sehari-hari, di Jakarta misalnya. Ketupat sayur adalah salah satu varian ketupat yang ada di Jakarta. Selain ketupat sayur, kamu juga dapat menemukan macam ketupat lebaran lain yang sering keluar saat hari raya Idul Fitri.

Ketupek Katan, Kapau

Ilustrasi ketupat via
Ilustrasi ketupat via wikiwand.com

Katupek Katan adalah makanan khas Kapau. Bahannya terbuat dari ketan dan ukurannya lebih kecil dari ketupat pada umumnya. Katupek katan ini biasanya langsung diolah dengan cara direbus dengan santan hingga merasuk. Tak hanya menjadi main course, katupek katan bisa juga dimakan sebagai camilan.

Ketupat Glabed, Tegal

Resep Kupat Glabed Khas Tegal via
Resep Kupat Glabed Khas Tegal via masakandapurku.com

Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Penyajiannya adalah ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng biasa menjadi toppingnya. Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang.

Ketupat Betawi

Penyajian Ketupat Betawi via
Penyajian Ketupat Betawi via harianresep.blogspot.com

Ketupat betawi juga memiliki nama lain ketupat bebanci. Menemukan ketupat bebanci di kaki lima saat ini tergolong sulit, semakin jarang orang yang menjajakan makanan ini. Varian ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

Ketupat Cabuk Rambak, Solo

Ketupat cabuk rambak via
Ketupat cabuk rambak via satyawinnie.com

Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen. Terdapat dua macam varian sambal, yaitu yang rasanya begitu pedas dan sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

Menikmati ketupat sayur dan segala sajian pendampingnya memang sangat nikmat. Apalagi ketika disantap bersama keluarga saat lebaran tiba. Mena varian ketupat yang pernah kamu coba?

Advertisement
Tags
Indonesia Ketupat kuliner Lebaran Wisata
Share