Lumpia Basah Mang Wawan, Street Food Bandung yang Rasanya Melegenda

Bandung selalu ada cara untuk memanjakan lidah masyarakatnya. Seperti street food berupa Lumpia Basah yang ada di Jalan ABC bernama Mang Wawan. Meskipun tempatnya di gerobak dorong, tapi rasanya tetap bikin ketagihan. Apabila kalian ingin tahu bagaimana nikmatnya, bisa simak ulasan di bawah ini.

Lumpia Basah yang Berjualan Keliling Sejak Tahun 1994

lumpia basah mang wawan
Gerobak dorong lumpia (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Lumpia Basah Mang Wawan ternyata sudah menebar rasa sejak tahun 1994. Bahkan, dari dulu hingga sekarang, Mas Wawan tetap konsisten berjualan menggunakan gerobak. Kalau kalian ingin mencicipinya, bisa telusuri Pagarsih – Jl. Sudirman – Kelenteng – Kebon Jati dan terakhir di Jl ABC.

Bahan Dasar Lumpia yang Beraneka Ragam

lumpia basah mang wawan
Bahan dasar lumpia (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ada 4 bahan dasar pembuatan Lumpia Basah ala Mang Wawan. Pertama yang paling penting adalah toge yang menjadi bahan utama lumpia Bandung. Kedua, bengkuang manis yang sudah diracik hingga berwarna coklat. Ketiga telur dan keempat adalah tahu yang sudah jadi identitas Lumpia Basah hasil racikan Mang Wawan. 

Waktu Masak Hanya 3 Menit

kolase_proses_masak_5gl.jpg
Proses memasak (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tak perlu khawatir kelaparan, karena Mang Wawan dengan sigap meracik makanannya. Tidak sampai 3 menit, bumbu dapur seperti garam, bawang putih halus, vetsin dimasak bersama telur, diaduk dan dikocok, lalu toge mulai dimasukan. Setelah itu bengkuang dan terakhir adalah racikan sambal berwana merah yang terlihat pedas menggiurkan.

Selanjutnya disiapkan kulit pisang untuk alas, kemudian di atasnya diletakkan kulit lumpia. Lalu tak lupa juga ditambahkan olesan manis gula merah cair yang dijadikan pelekat semua rasa dari bahan dan bumbu yang sudah dimasak.

Paduan Rasa yang Menggugah Selera

lumpiah_basah_siap_santap_cPY.jpg
Lumpia yang siap disantap (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Lumpia Basah khas Bandung ini disajikan dengan manis di atas selembar kulit pisang berwana hijau. Teman traveler yang pernah dengar tentang jalan ABC, wajib banget nyobain Lumpia Basah satu ini. Untuk harganya sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 satu porsi.

lumpia_basah_tersaji_6YN.jpg
Isian lumpia (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Itulah Lumpia Basah di Jalan ABC yang rasanya sudah melegenda 25 tahun lamanya. Rasanya enak dan tentu bikin ketagihan. Jadi, jangan lupa berkunjung ke sini kalau sedang ada di Bandung.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kontributor kuliner lumpia basah mang wawan
Share