LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Ini Jam Operasional dan Tarifnya

Advertisement

LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi atau Jabodebek akhirnya mulai beroperasi mulai Senin (28/8/2023) setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Transportasi umum ini guna untuk solusi kemacetan Jakarta dan sekitarnya.

Moda transportasi ini bisa menampung hingga 1.308 penumpang. Ada 18 stasiun yang beroperasi melayani masyarakat pengguna LRT Jabodebek.

Jam Operasional LRT Jabodebek

Ada 2 line perjalanan yang diresmikan, ialah Line Cibubur (Stasiun Dukuh Atas -Cawang – Stasiun Harjamukti PP) dan Line Bekasi (Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Halim – Stasiun Jatimulya PP).

LRT Jabodebek
Foto via Instagram

Jam operasional normal adalah pukul 05.00 – 23.30 WIB. Namun, selama waktu uji coba, LRT ini akan beroperasi di jam yang berbeda. Dengan catatan stasiun Halim belum bisa digunakan untuk naik dan turun penumpang untuk sementara waktu.

Keberangkatan awal sebagai berikut:

  • 05.09 Dukuh Atas-Harjamukti
  • 05.09 Harjamukti-Dukuh Atas
  • 05.00 Jati Mulya-Dukuh Atas

05.58 Dukuh Atas-Jati Mulya

Keberangkatan akhir sebagai berikut:

  • 18.58 Dukuh Atas-Jati Mulya
  • 18.00 Jati Mulya-Dukuh Atas
  • 17.49 Harjamukti-Dukuh Atas

17.49 Dukuh Atas-Harjamukti

Tarif LRT Jabodebek

Hingga akhir September 2023, terdapat diskon sebesar 78% sehingga diberlakukan tarif flat Rp5.000. Setelah itu, ada tarif promo hingga akhir Februari 2024. Dengan ketentuan jarak terjauh maksimal sebesar Rp20.000 dan selain jarak terjauh di bawah Rp20.000. Untuk tarif non-promo, mulai Rp5.000 di 1 km pertama dengan tambahan Rp700 per km selanjutnya.

LRT Jabodebek
Foto via Instagram

Untuk pembayaran, bisa cashless menggunakan Kartu Uang Elektronik Perbankan, Kartu Multi Trip KAI Commuter, atau QRIS dengan Link Aja dan KAI Pay. Top up saldo bisa dilakukan di ticket vending machine yang tersedia di setiap stasiun.

Cara Menggunakan LRT Habodebek

LRT Jabodebek
Foto via Instagram

Untuk bisa menggunakan LRT Jabodebek, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan moda transportasi KAI lainnya. Kamu hanya perlu tap in di stasiun keberangkatan, pastikan saldo-mu sudah terisi. Berjalanlah menuju peron tujuan perjalanan dan masuk kereta dengan mendahulukan penumpang turun. Keluar kereta di stasiun yang dituju dan tap out di gate stasiun kedatangan. Saldo akan otomatis terpotong sesuai dengan tarif yang berlaku.

Manfaat Menggunakan Moda Transportasi Umum

Sama seperti moda transportasi umum lainnya, LRT jalur baru ini juga memiliki manfaat tersendiri. Selain untuk meminimalisir kemacetan dan polusi di Jakarta dan sekitarnya, juga bisa menghemat waktu dan lebih efisien.

LRT Jabodebek
Foto via Instagram

Jarak yang ditempuh bisa lebih cepat jika dibandingkan mengendarai kendaraan sendiri. Bisa membuat badan lebih tidak cepat lelah karena mengendarai sendiri. Biaya yang dikeluarkan untuk tiket LRT, bisa lebih murah dibandingkan mengeluarkan biaya untuk bensin kendaraan pribadi.

Nah, buat kamu pekerja di daerah Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi, LRT ini bisa menjadi alternatif transportasi untuk bisa lebih menghemat waktu dan uang. Sudah siap menggunakannya?

Advertisement
Tags
Akomodasi Indonesia LRT Jabodebek PT KAI
Share