Lezatnya Lotek Kalipah Apo 42, Kuliner Bandung yang Berusia Setengah Abad

Pesona destinasi wisata di Bandung tak perlu diragukan lagi. Termasuk juga kuliner istimewa yang rasanya menggoyang lidah. Tak hanya di tempat kekinian dengan lampu temaram, makanan tradisional yang sudah puluhan tahun juga tak kalah mencuri perhatian. Seperti Lotek Kalipah Apo 42 yang berusia setengah abad, tapi tetap difavoritkan. Apa keunikan dari kuliner Bandung satu ini? Cari tahu yuk!

Legendaris Sejak Tahun 50-an

Menu lotek di Bandung
Menu lotek di Bandung via instagram/@sensasi.kuliner

Kuliner legendaris di Bandung memang banyak. Namun, sayang jika melewatkan lotek istimewa di Jalan Kalipah Apo 42, Bandung ini. Warungnya sederhana dengan bangunan lawas yang tetap dipoles. Namun, pengunjung yang antre ke sini tidak sedikit. Selain anak-anak muda, banyak orang lanjut usia yang mampir ke warung ini. Bagaimana tidak, kelezatan loteknya memang tak berubah. Bahkan, rasanya masih sama dengan racikan sejak awal beroperasi di tahun 1953 lalu.

Isian Lotek yang Bikin Ngiler

Seporsi lotek Apo
Seporsi lotek Apo via instagram/@wiewieyusuf7558

Pengelola boleh saja sudah berganti kepada anak cucu, tapi resep rahasia masih tetap dipertahankan. Bedanya, kini pembeli tak lagi bisa melihat lotek diracik dan bumbu diulek, karena tata ruang warung ini sudah menyerupai resto cepat saji. Seporsinya terdiri dari aneka sayuran yang bisa dipilih mentah atau matang. Ada kol, tauge, kacang panjang, bayam, kangkung dan nangka muda. Selain itu, ada tambahan potongan tempe goreng serta lontong yang menggugah selera. Hingga artikel ini ditulis, harganya masih terjangkau yaitu sekitar Rp19.000 per porsi.

Bumbu Spesial dengan Campuran Kencur

Porsi Lotek Apo
Porsi Lotek Apo via instagram/@foodgallerybdg

Isian Lotek Kalipah Apo 42 memang bikin ngiler. Apalagi ketika membicarakan bumbunya. Tekstur bumbu kacangnya halus seperti saus kental. Untuk menghasilkan tekstur sempurna tersebut, prosesnya panjang karena menggunakan uleg-an sederhana. Nah, yang membuat aromanya makin menggugah selera adalah tambahan kencur. Bumbu tambahan ini menciptakan rasa khas yang bikin ketagihan. Nah, jika Teman Traveler mencoba menu ini, pastikan menambah kerupuk untuk mendapatkan rasa sempurna.

Hidangan Lain yang Siap Manjakan Lidah

Aneka Menu di Kedai Lotek Apo
Aneka Menu di Kedai Lotek Apo via instagram/@hennie_clarissa

Tak hanya lotek, warung kuliner Bandung legendaris ini juga memiliki menu lain yang tak kalah memanjakan lidah. Ada gado-gado, laksa ayam, lontong kari ayam, bihun, aneka rujak hingga tahu goreng. Sementara camilannya ada kolak, aneka bubur dan es-es segar dengan beragam isian. Harga yang ditawarkan masih terjangkau mulai dari Rp17.000-Rp26.000 seporsi. Harga tersebut juga belum termasuk minumannya. Pun demikian, masih terbilang murah untuk rasa spesial yang disajikan disetiap menunya.

Nah, itulah ulasan tentang Lotek Kalipah Apo 42 yang berada di Bandung. Ingat, tempat makan ini tutup di hari Selasa. Jika tak ingin jauh-jauh, ada cabangnya di Jakarta. Tepatnya di Jalan Batang Hari No.21, Jakarta Pusat yang rasanya tak jauh beda. Bagaimana, ada yang sudah pernah mencoba?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner bandung kuliner legendaris bandung
Share