Lontong Kupang Favorit di Sidoarjo

Mungkin masih belum banyak yang familiar dengan makanan khas di objek wisata Sidoarjo dan Surabaya yang satu ini terutama bagi mereka yang tinggal di luar kawasan Jawa Timur. Penampilannya yang sekilas terlihat sedikit aneh bisa saja membuat sebagian orang merasa ragu untuk mencobanya. Tetapi sebenarnya makanan yang terbuat dari sejenis kerang kecil dan dihidangkan bersama irisan lontong, lento, serta disiram dengan kuah dari campuran petis, bawang putih, cabai, dan gula pasir ini memiliki cita rasa yang begitu menggoda dan bisa bikin ketagihan. Kuliner Sidoarjo ini terdapat di banyak warung. Tapi jika ingin mencari yang recommended untuk disinggahi, kamu bisa simak ulasan di bawah ini.

1. Lontong Kupang Pak Misari

Lontong kupang Pak Misari yang namanya sudah terkenal sekali [via]

Jika sedang berkunjung untuk menikmati kuliner Sidoarjo cobalah mampir ke warung lontong kupang milik Pak Misari yang sudah terkenal akan kelezatannya. Dalam satu porsi hidangan berisi lontong, kupang, letho, dan disiram dengan kuah petis. Sajian di warung ini terasa berbeda karena menggunakan petis khas Sidoarjo yang dapat menimbulkan rasa sedap dan gurih pada kuahnya. Jika kamu suka pedas, maka cobalah menikmatinya dengan menambahkan beberapa buah cabe agar semakin mantap. Disarankan untuk datang di luar jam makan siang jika tidak ingin mengantri agak lama.

Lontong kupang lengkap dengan beberapa tusuk kerang [via]
Nama : Lontong Kupang Pak Misari

Alamat : Jl. Mojopahit No.62, Bulusidokare, Sidoarjo (di sebelah toko kerupuk Mojopahit)

Telp : 0812-3520-996

Harga :  +/- Rp8.000,- (lontong kupang) dan Rp4.000,-/10 tusuk sate kerang

Buka : 09.30 – 13.00

2. Lontong Kupang Cak Slamet

Seporsi Lontong Kupang di warung Pak Slamet [via]

Sekilas warung milik Pak Slamet ini memang tampak sederhana dari luar dan mungkin hal itu membuat sebagian orang merasa tidak ada yang istimewa dengan tempat ini. Tapi jangan salah sangka dulu, karena lontong kupang di warung ini merupakan salah satu yang jadi favorit di Sidoarjo. Pemiliknya sangat pandai dalam mengolah kupang sehingga tidak meninggalkan rasa amis. Kuahnya pun begitu gurih karena racikan bumbu petisnya yang pas. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan beberapa butir cabai agar hidangan semakin nikmat dan segar. Manis, asam, asin, semua bercampur menjadi satu meninggalkan rasa yang istimewa di lidah.

Lontong kupang Pak Slamet salah satu yang terkenal di Sidoarjo [via]
Nama : Lontong Kupang Pak Slamet

Alamat : 

Telp : (031) 8943283

Harga : +/- Rp8.000,-

Buka : 10.00 – 17.00

3. Lontong Kupang Bakso Jumbo

Lontong kupang ditemani beberapa tusuk kerang sedap [via]

Mungkin sekilas nama warung ini terdengar aneh. Tapi tenang saja, ini bukan terobosan baru dalam dunia kuliner dengan mencampur lontong kupang dan bakso. Keduanya tentu disajikan terpisah hanya kedainya saja yang jadi satu. Beberapa warga Sidoarjo mengatakan bahwa hidangan lontong kupang di warung ini memang nikmat. Kupangnya diolah dengan baik sehingga tidak meninggalkan aroma amis. Selain itu campuran kuahnya terasa gurih, manis, dan segar dengan bahan dasar petis khas Sidoarjo.

Makan siang terasa lengkap dengan seporsi lontong kupang khas Sidoarjo [via]
Nama :Lontong Kupang Bakso Jumbo

Alamat : Jl. Raya Dungus, Sukodono, Kabupaten Sidoarjo

Telp : 0838-6696-0307

Harga  : +/- Rp10.000,-

Buka : 09.00 – 21.00

4. Kupang Lontong Pak Kamto

Kupang di warung Pak Kamto Sidoarjo [via]

Berada di kawasan Bursa Kupang Sidoarjo bersama sekitar 35 kedai lainnya tak membuat kupang lontong Pak Kamto kalah saing. Bahkan bisa dibilang warung ini tak pernah sepi pengunjung dan menjadi salah satu yang cukup terkenal. Pemiliknya saat ini adalah Sulistiyo yang merupakan anak dari Pak Kamto. Sudah lebih dari 23 tahun ia meneruskan usaha sang ayah. Jadi bisa dibayangin dong, sudah berapa puluh tahun kedai ini berdiri. Ciri khas yang dimiliki hidangan yang disajikan di sini adalah kuahnya dengan cita rasa yang khas. Sang pemilik menggunakan air rebusan kupang sebagai campuran kaldu sehingga gurihnya terasa berbeda, namun tidak meninggalkan aroma amis.

Lontong kupang yang terkenal dari Sidoarjo [via]
Nama : Kupang Lontong Pak Kamto

Alamat : Jl. Raya Tebel, Tebel, Gedangan, Kabupaten Sidoarjo

Telp : 0838-6696-0307

Harga : +/- Rp10.000,-

Buka : 09.00 – 21.00

5. Lontong Kupang Cak Man

Lontong kupang Cak Man khas Sidoarjo [via]

Satu lagi lontong kupang lezat yang dapat kamu temui di Sidoarjo yakni milik Cak Man. Penjualnya adalah sepasang suami istri yang sudah cukup sepuh. Di tangan Cak Man, campuran bawang putih, gula, garam, dan petis dapat disulap menjadi bumbu yang mantap untuk hidangan lontong kupang. Tak lupa taburan bawang goreng dan sedikit perasan jeruk nipis, jadilah makanan istimewa khas Sidoarjo dengan kuah yang gurih dan segar, sangat ocok dinikmati di siang hari.

Lontong kupang Pak Man yang tersohor di Pasar Larangan Sidoarjo [via]
Nama : Lontong Kupang Cak Man

Alamat : Pasar Larangan, Sidoarjo

Harga : +/- Rp10.000,-

Inilah beberapa warung dengan sajian Lontong Kupang yang patut di coba saat berkunjung ke Sidoarjo. Nah, buat kamu yang memiliki alergi dengan kerang, bisa pesan es degan sebagai hidangan penutup untuk menetralisir agar tidak kambuh.

Tags
Indonesia Jawa Timur Lontong Kupang Sidoarjo
Share