Ada Lho, Lokasi Wisata Gratis di Jepang yang Pas untuk Budget Traveler

Advertisement

Jepang merupakan salah satu negara favorit para traveler dari seluruh dunia. Sayangnya, biaya hidup di negara ini cukup mahal sehingga tak bersahabat untuk para backpacker ataupun budget traveler. Tapi tak perlu berkecil hati, di negara ini ternyata ada lokasi-lokasi menarik yang bebas dimasuki para wisatawan tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Meski gratisan, keindahan dan kenyamanan lokasi-lokasi ini tak akan membuat Anda kecewa. Yuk, intip mana saja destinasi bebas biaya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Jepang!

1. Dojo Sumo

Olahraga tradisional ini memang sangat identik dengan Jepang. Hingga kini, sumo masih menjadi salah satu olahraga favorit penduduk Negeri Sakura, terlebih lagi mereka yang sudah berumur. Banyak yang mengira kalau dojo sumo di Jepang tertutup untuk umum. Padahal, Anda bisa mengunjungi lokasi latihan para pesumo ini secara gratis.

Dojo Sumo [image source]
Dojo Sumo [image source]
Yang perlu diperhatikan, pastikan Anda menelepon dulu sebelum mengunjungi dojo. Saat berada di sana, hindari berbicara selama proses latihan dan duduklah dalam posisi formal. Jika ingin mengambil foto, minta izin terlebih dahulu pada sang pelatih. A da baiknya membawa sebotol sake sebagai hadiah dan untuk mengkrabkan diri dengan para atlet sumo.

2. Kuil Senso

Kuil Senso merupakan lokasi yang tak hanya populer di kalangan wisatawan mancanegara, namun juga menjadi tujuan para turis lokal. Bangunan ini merupakan kuil Budha yang terletak di Asakusa, Tokyo, dan dibangun pada tahun 645 M untuk menghormati Dewa Kannon.

Kuil Senso [image source]
Kuil Senso [image source]
Anda bisa masuk ke dalam kuil ini secara gratis dan menikmati pemandangan eksotis dari bangunan kuno yang sangat artistik. Di sekitar kuil, Anda akan menjumpai toko-toko lokal sepanjang 2.000 meter yang menjual aneka suvenir.

3. Pulau Odaiba

Odaiba merupakan sebuah pulau buatan yang cukup besar, terletak di Teluk Tokyo. Saat cuaca cerah, Anda bisa berjemur di pantai buatan yang ada di Odaiba sambil menikmati pemandangan replika Patung Liberty. Pulau ini dilengkapi dengan hotel, restoran, dan pusat-pusat pertokoan yang akan memanjakan Anda.

Pulau Odaiba [image source]
Pulau Odaiba [image source]
Salah satu tempat yang tak boleh luput dari kunjungan Anda adalah Venus Fort, sebuh mall bergaya Eropa abad ke-18 yang berisi lebih dari 100 toko. Akhiri perjalanan di Odaiba dengan menaiki bianglala yang menyuguhkan pemandangan luar biasa Teluk Tokyo.

4. Sake Plaza

Sake Plaza [image source]
Sake Plaza [image source]
Belum lengkap rasanya berkunjung ke Jepang kalau Anda tak mencicipi sake, minuman tradisional khas Negeri Samurai ini. Datanglah ke Sake Plaza, di mana Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai sejarah dan cara pembuatan sake tradisional secara gratis. Ratusan botol sake dari berbagai perusahaan lokal Jepang juga dipamerkan lengkap dengan keterangannya dalam bahasa Inggris. Ada juga wisata mencicipi sake yang hanya dikenai biaya 600 Yen dan layak Anda coba.

5. Tokyo Metropolitan Government Office

Kalau ingin menikmati pemandangan Tokyo dari ketinggian, Tokyo Metropolitan Government Office harus Anda kunjungi. Gedung ini merupakan bangunan tertinggi di Shinjuku District yang terdiri dari 48 lantai dan dibuka pada tahun 1991. Anda bisa masuk ke tempat ini mulai dari jam 9.30 pagi hingga 5.30 sore setiap harinya.

Tokyo Metropolitan Government Office [image source]
Tokyo Metropolitan Government Office [image source]
Melalui Tokyo Metropolitan Government Office, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Fuji, Tokyo Skytree, Tokyo Tower, Meiji Shine dan Tokyo Dome. Anda juga bisa menikmati pemandangan malam hari dengan mendatangi balkon di sisi selatan yang dibuka hingga pukul 11 malam.

Nah, dengan pengaturan biaya yang teliti dan pemilihan lokasi wisata secara cermat, traveler ber-budget terbatas pun bisa bersenang-senang di Jepang!

Advertisement
Tags
jepang Wisata wisata gratis wisata jepang
Share