Paus Terdampar di Bengkulu, 4 Tempat Ini Alami Kejadian Serupa

Indonesia seringkali menjadi lokasi paus terdampar. Salah satunya terjadi beberapa saat lalu di Bengkulu. Bangkai paus sperma sepanjang 12,5 meter terdampar di wilayah Kabupaten Kaur. Karena kondisinya telah semakin busuk, masyarakat sekitar bersama pihak berwenang memusnahkan bangkai tersebut dengan cara membakarnya. Selain Bengkulu, beberapa tempat ini juga mengalami kejadian serupa.

1. Pantai Desa Bungkulan, Buleleng, Bali

Pesisir pantai yang menjadi tempat ikan terdampar via instagram/@khaerudinm

Di pantai ini paus sperma sepanjang 15 meter dengan berat 10 ton sempat terdampar. Sayangnya ikan raksasa ini tidak dapat terselamatkan karena saat terdampar ikan ini sudah dalam kondisi tak bernyawa. Kejadian ini menarik banyak masyarakat untuk datang.

Di tempat ini ikan sepanjang 15 meter via instagram/@srimarlilina

2. Pantai Tompo Batu

Di tempat ini ikan sepanjang 117 meter via instagram/@fitrianarosa98

Pantai Tompo Batu mengalami kejadian serupa pada 2 Februari 2018 lalu. Panjangnya mencapai 17 meter dengan diameter 4,2 meter. Saat terdampar di lokasi ini, ditemukan banyak luka gores di bagian kepala hewan purba ini. Sayangnya hewan ini tak berhasil dievakuasi kembali ke laut.

Wisatawan menikmati suasana pantai via instagram/@irwan2294

3. Pantai Ujong Kareung, Aceh

Sebanyak 10 ikan terdampar di tempat ini via instagram/@princess_syahlia

Fenomena yang terjadi pada akhir tahun 2017 ini cukup unik. Karena tidak hanya satu ikan yang terdampar. Sebanyak sepuluh ekor ikan terdampar di tepian Pantai Ujong Kareung. Dari total tersebut, sembilan ekor berhasil diselamatkan kembali ke laut, sedangkan satu ekor mati.

Lokasi Pantai Ujong Kareung via instagram/@fajar_8

4. Pantai Tolitoli, Bali

Pesisir pantai Toli-toli via instagram/@steviwiyogo

Ikan paus sebesar 10 meter ini terdampar di akhir tahun 2017 lalu. Kejadian ini berlangsung saat gerhana bulan, di mana air laut sedang surut. Setelah mendapat laporan, warga bersama pihak berwenang berusaha mengevakuasi ikan ini untuk kembali ke lautan.

Ikan sebesar 10 meter pernah terdampar di pantai ini via instagram/@ndaiiali

Kejadian seperti seringkali terjadi. Paus terdampar di Bengkulu dan lumba-lumba yang ditemukan di tepi pantai Pulau Dewata. Dengan adanya kejadian seperti ini, semoga pemerintah dapat menemukan solusi untuk menghadapi hal-hal seperti ini ya?

Tags
Ikan terdampar Indonesia Paus Terdampar Wisata
Share