Loempia Bom Hadir di Jogja, Berukuran Jumbo dengan Rasa Meledak di Mulut

Lumpia kini tidak hanya bisa ditemukan di Semarang, tapi juga di kota-kota lain. Termasuk Jogja yang sekarang membuka resto lumpia baru. Namanya adalah Loempia Bom yang tentu berbeda dengan panganan ringan lainnya. Mau tahu seperti apa keunikannya? Simak dulu ulasan di bawah ini, ya.

Berasal dari Purwokerto

loempia bom
Loempia Bom cabang Jogja (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Lumpia ini ternyata bukan dari Semarang lho, Teman Traveler. Melainkan Purwokerto. Warga Purwokerto pasti sudah tidak asing dengan lumpia ini. Pasalnya, Loempia Bom ini sudah hadir sejak 14 tahun silam, tepatnya di tahun 2005. Begitu hits dan populer di Purwokerto, kini ia memilih melebarkan sayapnya ke Kota Gudeg.

Berbeda dengan Lumpia Semarang

loempia bom
Beberapa menu Loempia Bom (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dilihat secara penampilan, Loempia Bom memang tak ada bedanya dengan Lumpia Semarang. Tapi apabila dikulik dari isinya, kedua lumpia memiliki perbedaan. Jika lumpia Semarang khas dengan isian rebungnya, sedangkan Loempia Bom sama sekali tidak berisi rebung.

Loempia Bom memiliki banyak varian dengan rasa andalan ekstra pedas. Itulah kenapa dinamakan sebagai Loempia Bom karena rasa pedasnya meledak di mulut. Berani coba?

Tersedia Banyak Isian

loempia bom
Isiannya beragam (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Terhitung ada 12 macam Lumpia dengan isian yang menggugah selera. Jika Teman Traveler penggemar pedas, kalian bisa cicip Lumpia tahu pedas. Selain itu ada Lumpia isi udang dan cumi untuk kalian yang suka dengan seafood.

Ada pula Lumpia lainnya yang tak kalah nendang. Seperti isi jagung, jamur, bakso, ampela ati, ayam, sosis dan beef. Menurut pihak resto yang menjadi best seller di sini adalah Lumpia Ayam. Nah, Teman Traveler suka yang mana nih?

Berukuran Jumbo

Berukuran jumbo (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kesamaan dengan Lumpia Semarang hanya terletak pada ukurannya yang jumbo. Pihak resto mengungkapkan bahwa Loempia Bom memiliki panjang kurang lebih 18 cm. Tak hanya panjang, lumpia ini juga mempunyai isian yang melimpah.

Bisa Disantap dengan Nasi dan Sambal

Lumpia yang disajikan dengan nasi dan sambal (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain menu ala carte, di Loempia Bom juga tersedia menu Paket Bom. Dalam satu paket disajikan lumpia lengkap dengan nasi, kremesan, sambal, lalap dan juga es teh. Untuk Teman Traveler yang sedang lapar berat, menu paket ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Harganya pun jugalebih terjangkau dibanding menu ala carte. Khusus untuk menu Paket Bom, hanya tersedia tujuh varian Lumpia, yaitu tahu pedas, jamur, jagung, ayam, bakso, ampela ati, dan sosis.

Ada juga Menu Rice Bowl

Bom Bowl (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain Paket Bom, ada juga Lumpia Rice Bowl. Nama menunya yakni Bom Bowl. Komposisinya tak berbeda dengan menu Paket Bom. Hanya saja semua komponen dijadikan satu ke dalam mangkok, termasuk sambalnya.

Ada delapan varian lumpia untuk Bom Bowl ini yakni tahu pedas, jagung, jamur, udang, cumi, bombasticbeef dan seafood. Menu rice bowl ini memang lebih praktis terlebih untuk Teman Traveler yang ingin menjadikan menu ini untuk take-away.

Bisa Request Lumpia Bakar

Lumpia bakar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Uniknya, kita bisa bisa request Lumpia dengan penyajian dibakar. Tentu ada tambahan biaya untuk Lumpia bakar ini. Di sini ada dua kali proses memasak, pertama Lumpia digoreng terlebih dahulu hingga krispi selanjutnya dibakar hingga ada sensasi gosong di permukaan Lumpia. Ada dua pilihan rasa yakni bakar original dengan sentuhan rasa manis dan bakar pedas.

Rasanya Nampol

Lumpia Ayam Bakar Original (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Baik Lumpia original maupun bakarnya, mempunyai cita rasa khas tersendiri. Untuk yang original, rasanya seperti Lumpia pada umumnya. Kulitnya begitu krispi dan nikmatnya menjadi bertambah karena isiannya yang cukup melimpah.

Untuk Lumpia bakarnya juga tak kalah enak. Meski telah dibakar namun sensasi crunchy-nya masih terasa. Untuk mendapat rasa yang lebih pedas lagi, tuangkan sambal pada lumpia. Dijamin rasanya nampol.

Harganya Ramah di Kantong

Lumpia isi jamur (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Untuk menu lumpia ala carte, Teman Traveler cukup merogoh kocek mulai Rp7 ribu saja. Sedangkan harga tertinggi dibanderol dengan harga Rp14 ribu untuk menu bombasticbeef dan seafood. Kalau untuk menu Paket Bom, Teman Traveler cukup menyiapkan uang mulai Rp11 ribu.

Sementara untuk menu Bom Bowl dipatok harga berkisar Rp13 ribu hingga Rp19 ribu. Berbeda halnya, apabila kalian ingin request Lumpia bakar, ada tambahan biaya. Sebesar Rp1 ribu untuk original dan Rp2 ribu untuk rasa pedas. Lalu minumannya dimulai dari harga Rp3 ribu.

Alamat Loempia Bom

Outlet di Jogja (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin mencicip kelezatan Loempia Bom bisa sambangi tempat ini di Jalan Babarsari No. 4-5, Tambak Bayan, Depok, Sleman. Tepatnya berada di timur Komplek Yadara Babarsari. Kemudian, untuk jam operasionalnya, resto ini buka dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

Itu tadi sekelumit info mengenai Loempia Bom. Rasanya yang nampol dengan ukuran jumbo, dijamin membuat kalian puas saat menyantapnya. Jadi, jangan lupa berkunjung ke sini apabila Teman Traveler sedang berada di Jogja.

Tags
Indonesia Jogja Kabupaten Sleman kontributor kuliner Loempia Bom
Share