Little India Singapura, Pemukiman Buruh Imigran yang Jadi Kawasan Instagenic

Advertisement

Berencana untuk jalan-jalan ke Negeri Singa yang letaknya takjauh dari Indonesia? Jangan sampai lewat untuk mampir ke kawasan Little India Singapura. Sebuah pemukiman bernuansa India ini punya cerita yang menarik. Pada masa lalu, ia banyak ditinggali oleh para tenaga kerja dari India yang didatangkan sebagai buruh pertanian. Penasaran? Berikut ulasan lebih lengkapnya!

1. Salah Satu Distrik Teramai di Singapura

Little India Salah Satu Distrik Teramai di Singapura via Instagram/ ramachandranmr

Singapura rasanya memang tidak pernah sepi. Berbagai sudut negara ini ramai oleh banyak orang; dari mulai masyarakat setempat hingga wisatawan yang datang berkunjung dari banyak negara. Bicara kawasan ramai di Singapura, Little India adalah salah satunya. Wisata Singapura satu ini merupakan salah satu distrik yang sibuk.

Keramaian di Little India via Instagram/ banbi4649

Kehidupan di distrik ini seperti tidak pernah tidur. Bergerak secara dinamis, terutama pada sektor-sektor perdagangan. Teman Traveler yang hobi belanja, bisa agendakan untuk lebih berlama-lama berada di sini saat ke Singapura!

2. Berada di Salah Satu Jalan tertua di Singapura

Berada di Salah Satu Jalan Tertua di Singapura via Instagram/ la_ioppolina

Dari Bandara Changi, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Little India hanya sekitar 30-40 menit menggunakan taksi. Berada di sekitar Jalan Serangoon, Singapura. Jalan ini merupakan salah satu yang tertua di Singapura. Ia sudah ada sejak tahun 1820. Fakta ini jadi satu lagi daya tarik yang membuat Little India layak dikunjungi segera!

3. Semula Masyarakat India Dipekerjakan Sebagai Buruh Perkebunan

Sebuah Kawasan yang Semula Tempat Tinggal Buruh Imigran via Instagram/ justonewayticket

Keberadaan kampung India di Singapura tentu tidak terjadi dalam satu dua tahun. Sejarah panjang kawasan ini sudah dimulai sejak 1840-an. Ketika itu, di kawasan ini terdapat pacuan kuda yang membuat banyak orang Eropa tinggal. Seiring dengan semakin majunya perdagangan ternak, masyarakat India mulai mendatangkan pekerja migran dari India.

Banyak Dihuni oleh Masyarakat India via Instagram/ mateiana

Buruh-buruh migran tersebut dipekerjakan di perkebunan atau peternakan sapi dan kerbau. Semakin banyak buruh imigran yang datang, masjid dan kuil-kuil Hindu pun mulai dibangun. Hingga akhirnya, jadilah kawasan ini seperti yang sekarang ditemui.

4. Terdapat Mural-mural yang Instagenic

Mural-mural yang Ada di Little India via Instagram/ kwangseptember

Little India Singapura tempat yang paling pas bagi Teman Traveler yang hobi eksplorasi. Terutama pada kuil-kuil akulturasi Hindu, Masjid, Tionghoa dan Gereja. Sepanjang kawasan Teman Traveler akan dibuat kagum oleh mural-mural raksasa yang sebagian besar bercerita mengenai budaya India, seperti kepercayaan, tarian India dan aktivitas masyarakatnya. Totalnya terdapat 15 mural di kawasan ini.

Harus Foto di Depan Salah Satu Mural yang Ada di Sini via Instagram/ infinitydomi

Puas jalan-jalan menyusuri Little India Singapura, Teman Traveler bisa mampir ke sebuah restoran India tertua bernama Komala Vilas yang sudah mulai buka sejak 1947. Wajib coba Nasi Biryani dan Teh Masala saat mampir ke sini.

Komala Villas yang Legendaris di Little India via Instagram/ jopetgc

Sejarah dan keunikan yang dimiliki oleh Little India Singapura pasti membuat Teman Traveler nggak sabar untuk segera liburan ke sini, kan? Ajak beberapa teman agar liburan lebih menyenangkan ya! Selamat berlibur ke Singapura!

Advertisement
Tags
Indonesia Little India Singapura Singapura Wisata
Share