5 Lintasan Kereta Api Menyeramkan Dunia, Berani Jalan-jalan Lewat Sini?

Advertisement

Liburan dengan kereta api bisa jadi pengalaman menyenangkan. Apalagi jika sepanjang perjalanan, Teman Traveler dimanjakan panorama alam indah. Namun bagaimana jadinya jika kalian harus menjajal lintasan kereta api menyeramkan dunia?

Tak seperti lintasan pada umumnya, sejumlah jalur kereta api di berbagai belahan dunia dibangun melewati medan ekstrem. Tampak sangat mengerikan, meski melewatinya bakal jadi pengalaman unik dan berkesan. Daripada penasaran, inilah daftar lima lintasan kereta api menyeramkan dunia.

1. Chennai-Rameshwaram Railways

Jalur kereta api Chennai
Jalur kereta api Chennai (c) Wikimedia

Jalur kereta api ini menghubungkan Chennai dan Pulau Rameshwaram di India. Sembari menanti kereta sampai di tujuan, para penumpangnya bisa menikmati panorama lautan. Teman Traveler tak perlu terkejut, karena lintasan kereta ini dibangun di atas permukaan air.

Total rel kereta api Chennai-Rameshwaram memiliki panjang 2.065 meter. Rute perjalanan antar pulau ini selalu melayani banyak penumpang setiap harinya. Bagaimana Teman Traveler? Tertarik merasakan sensasi naik kereta api sambil melintasi laut?

2. Tren a Las Nubes

Tren a las Nubes
Tren a las Nubes (c) Tangol

Jika Teman Traveler berkesempatan datang ke Argentina, jangan lupa menjajal kereta Tren a Las Nubes. Dilihat sepintas, tak ada yang unik dari gerbong keretanya. Namun kalian pasti bakal geleng-geleng begitu melihat jalur yang dilalui.

Menghubungkan Argentina Barat Laut dengan Chile, Tren a Las Nubes melintasi jalur dengan ketinggian 4.220 meter di atas permukaan laut. Fakta ekstrem tersebut membuat lintasan ini tercatat sebagai salah satu tertinggi di dunia. Tak sedikit orang yang menjulukinya sebagai ‘kereta menembus awan’.

3. Palsmerton North-Gisbone

Kereta api di Gisbone Airport
Kereta api di Gisbone Airport via Youtube lakshya

Sejauh ini Teman Traveler sudah melihat kereta api melintasi laut dan ketinggian ekstrem. Namun yang satu ini bakal membuat kalian lebih terkejut. Di Selandia Baru, ada sebuah lintasan kereta api yang melewati landasan pacu pesawat! Rel kereta api nyeleneh ini bisa Teman Traveler temui di Pantai Timur Pulau Utara Selandia Baru, tepatnya di Bandara Gisbone.

Melihatnya saja sudah menyeramkan, terutama jika membayangkan kemungkinan terjadi tabrakan antara pesawat dan gerbong kereta. Namun untuk mencegah hal tersebut, pihak terkait selalu melakukan komunikasi intens.

4. Maeklong Railway

Maeklong railway
Maeklong railway via Instagram.com/harimaolee

Tak kalah unik dan menyeramkan, lintasan kereta di Thailand ini diapit pasar di kedua sisinya. Entah bagaimana asalnya, yang jelas para pedagang di sini tampak tak ambil pusing ketika sewaktu-waktu kereta api lewat. Mereka dengan santai menjajakan dagangannya meski hanya berjarak beberapa centimeter dari rel.

Meski sangat beresiko, Pemerintah Thailand sepertinya belum berencana melakukan perubahan. Popularitas bisa jadi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi. Sebab kawasan Maeklong telah menjelma jadi destinasi wisata populer Negeri Gajah Putih dalam beberapa bulan terakhir.

5. Death Railway

Death Railway
Death Railway via Instagram.com/dhasimon

Rel kereta api satu ini menghubungkan Thailand dan Myanmar. Lintasannya cukup ekstrem, melewati kawasan hutan lebat dan lereng pegunungan curam. Menurut beberapa sumber, lintasan kereta ini dibangun atas inisiatif Jepang di masa Perang Dunia II.

Lintasan ini tercatat memakan banyak korban. Selama masa pembangunannya, ada lebih dari 90 ribu warga meninggal dunia. Fakta ini membuat banyak orang menjulukinya sebagai ‘rel kematian’.

Itulah sederet lintasan kereta api menyeramkan dunia yang bisa Teman Traveler jajal suatu saat nanti. Dari lima jalur di atas, mana yang paling menarik minat kalian?

Advertisement
Tags
Akomodasi Argentina Luar negeri selandia baru Thailand
Share