Cobain Lift Unik Tanpa Pintu yang Terus Bergerak di City Hall Praha

Lift merupakan salah satu fasilitas yang biasa ditemukan di gedung tinggi. Misalnya saja saat berkunjung ke Burj Khalifa, Dubai. Namun, pernah terbayang kalau harus naik lift yang tidak punya pintu? Ditambah lagi, lift unik di Praha ini terus bergerak. Inikah gambaran lift unik, salah satunya di City Hall Praha. Terdengar seram? Daripada penasaran, yuk dibaca dulu ulasan berikut.

Lift Abad ke-20

Atraksi Menarik via Instagram @trebleandlace
Lift Unik Tanpa Pintu yang Tidak Bisa Berhenti via Instagram @trebleandlace

Lift ini merupakan temuan tahun 1860an, kreasi arsitek asal Inggris bernama Peter Ellis. Tangga berjalan ini umum digunakan di bangunan kantor pemerintahan maupun gudang di daerah Eropa seperti bagian timur dan Jerman. Sedangkan dua lift unik di City Hall Praha yang terdiri dari 12 gerbong ini didesain oleh John Prokopec pada awal abad ke-20.

Lift ini dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memungkinkan bergerak cukup cepat. Sampai sekarang pun elevator ini masih berfungsi dengan cukup baik.

Paternoster Lift

Paternoster Lift via Instagram @leena.tapper
Paternoster Lift via Instagram @leena.tapper

Tangga berjalan unik di City Hall Praha ini merupakan jenis Paternoster lift. Kata Paternoster diambil dari perputaran manik-manik rosario yang dipakai seperti tasbih. Paternoster merupakan Bahasa Latin dari “our father”, kata-kata pertama dari Lord’s Prayer alias Do’a Bapa Kami, do’a dalam agama Kristen.

Cara kerja lift ini cukup sederhana, pengunjung harus melompat masuk ke dalam gerbong. Setelah mencapai tujuan bisa langsung turun. Gerbong lift akan berputar terus layaknya jam.

Berada di Prague City Hall

Prague City Hall, Ceko via Instagram @travel_with_steve
Prague City Hall, Ceko via Instagram @travel_with_steve

Paternoster lift tidak lagi banyak ditemukan karena dianggap tidak begitu aman. Sehingga produksinya pun ikut terhenti terutama pada tahun 1970an. Hanya tersisa sekitar 68 buah di Ceko, setengahnya berada di Praha.

Termasuk City Hall di Praha yang mempertahankan kegunaan lift unik ini. Tempat ini pun mudah diakses, sebab berada di pusat kota. Warga yang menaiki lift ini kebanyakan bertujuan untuk nostalgia.

Bisa Jadi Atraksi Menarik bagi Pelancong

Lift Unik Tanpa Pintu yang Tidak Bisa Berhenti via Instagram @anders70mattsson
Atraksi Menarik via Instagram @anders70mattsson

Bagi pelancong yang jelajah keindahan Kota Praha, bisa nih sekalian mampir ke City Hallnya. Apalagi kalau bukan demi menjajal naik lift klasik. Paternoster lift memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terasa seru naik-turun elevator yang tidak bisa berhenti ini.

Teman Traveler yang ingin mencoba naik lift unik di Praha ini harus tetap berhati-hati, ya. Satu gerbong hanya diperbolehkan bagi 2 orang. Bagaimana nih menurut Teman Traveler tentang ‘tangga berjalan’ ini?

Tags
Ceko Eropa info terbaru Luar negeri Praha
Share