Keliling Objek Wisata di Indonesia, Biaya Liburan Obama Hampir 4 Miliar?

Advertisement

Lebaran di tahun 2017 ini begitu spesial lantaran cerita seru dari mantan presiden Amerika Serikat. Siapa lagi kalau bukan Barack Obama yang juga tengah menjalani agenda pulang kampung selama 12 hari di Indonesia. Kedatangan Obama ke tanah air ini pun menarik perhatian banyak orang bukan hanya karena objek wisata yang dikunjungi tapi juga biaya yang dihabiskan selama liburan.

Dilansir dari Liputan6 dan CNN, mantan orang nomer satu di Amerika Serikat ini memang hobi liburan. Tidak sendiri, ia membawa keluarga besarnya untuk berkunjung ke beberapa negara. Setelah Hawaii, Obama memutuskan untuk pulang kampung ke Indonesia dan menghabiskan beberapa hari untuk menjelajahi kota-kota eksotis di tanah air. Ya, sejak tanggal 23 Juni lalu suami dari Michelle Obama ini telah mengunjungi Jakarta, Bali, Jogjakarta serta Bogor.

Obama dan Keluarga Jokowi
Obama dan Keluarga Jokowi [image source]
Berbagai destinasi seperti Agung Rai Museum of Art, Sawah Terasiring Jatiluwih di Tabanan, rafting Sungai Ayung di Badung, Pura Tirta Empul, Pura Gungung Kawi di Gianyar, Puncak Becici, dan Tamansari di dekat Kraton Yogyakarta yang menjadi tujuan berlibur ala Obama. Ada yang pernah kamu kunjungi juga?

Obama Jalan-jalan ke Indonesia
Obama Jalan-jalan ke Indonesia [image source]
Selain objek wisata, akomodasi yang dipilih oleh rombongan Obama juga tidak kalah menarik perhatian. Alasannya apalagi kalau bukan harga sewa yang mencapai puluhan juta. Sebut saja Hotel Four Season yang terletak di Desa Ayan, Ubud, Bali, tarifnya mencapai US$ 2.500 atau Rp 33,3 juta per malam. Dengan harga setinggi itu, Ketua Umum Asosiasi Agen Tur dan Perjalanan Indonesia (Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies/ASITA), Asnawi Bahar, memperkirakan biaya yang dihabiskan Obama untuk liburan di Indonesia kurang lebih US$ 300.000 atau hampir mencapai 4 miliar rupiah.

Obama di Jogja
Obama di Jogja [image source]
Kendati uang yang dihabiskan oleh Obama cukup fantastis, pulangnya Obama ke Indonesia ternyata juga berdampak positif bagi pariwisata Indonesia. Bagaimana tidak, media yang meliput liburan Obama di tanah air bukan hanya dalam negeri tapi juga wartawan internasional. Makin luasnya pemberitaan mengenai liburan mantan presiden ini pastinya dapat mendongkrak objek wisata yang telah dikunjungi oleh Obama.

‘Mudik’nya Obama saja sukses besar mengenalkan Indonesia kepada dunia, kita harus ikutan bangga ya! Yuk, makin giat lestarikan budaya dan juga alam Indonesia agar tanah air makin dicintai oleh banyak orang.

Advertisement
Tags
Indonesia Objek WIsata Obama
Share