Tips Trik Liburan Super Murah Naik Motor

Advertisement

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan traveling, salah satunya adalah dengan mengendarai motor. Cara yang satu ini dinilai cukup murah dibandingkan harus menyewa kendaraan dari agen travel. Selain itu dengan mengendarai motor Anda bisa bebas kemana pun tujuan yang disukai.

Masih ingat kisah Jeffrey Polnaja, pria asal Bandung yang berkeliling dunia dengan menggunakan motor? Nah itu adalah sekelumit bukti bahwa traveling menggunakan motor tidak dibatasi oleh jarak. Namun sebelum melakukan kegiatan ini Anda harus tahun dulu tips dan triknya agar traveling menjadi menyenangkan. Berikut ulasannya.

1. Cek Kondisi Motor

Namanya juga traveling naik motor maka senjata utamanya adalah motor. Untuk itu sangat penting untuk mengecek kondisi tunggangan Anda sebelum meluncur ke destinasi tujuan. Cek kondisi mesin dengan teliti. Caranya Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel resmi untuk diservis oleh montir berpengalaman.

Mengecek kondisi kendaraan (c) mrmontir.com
Mengecek kondisi kendaraan (c) mrmontir.com

Selain mesin, cek pula kondisi ban dan rantai sepeda motor Anda. Komponen ini adalah nyawa Anda ketika berada di jalan. Terlebih jika Anda merencanakan traveling dengan tujuan yang jauh. Jangan sampai malas untuk memeriksa bagian motor tersebut jika ingin perjalananmu lancar tidak ada gangguan.

2. Perlengkapan Penting yang Harus Dibawa

Saat memutuskan untuk traveling dengan bersepeda motor maka Anda harus teliti untuk menyiapkan perlengkapan penting penunjang kegiatan Anda. Perlengkapan seperti helm, jaket, sarung tangan, masker, kaca mata hitam, jam tangan dan jas hujan wajib Anda bawa untuk memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Perlengkapan Penting yang Harus Dibawa (c) Tokopedia
Perlengkapan Penting yang Harus Dibawa (c) Tokopedia

Selain menyiapkan perlengkapan untuk pengendara Anda juga harus menyiapkan beberapa alat seperti tang, obeng dan kunci busi. Alat-alat ini akan berguna jika nanti Anda butuh melakukan perbaikan sederhana pada motor Anda selama di perjalanan.

3. Kondisi Fisik

Pahami betul kondisi fisik Anda sebelum melakukan kegiatan traveling dengan motor. Naik motor memungkinkan Anda terpapar sinar matahari yang menyengat dalam jangka waktu yang lama ditambah angin kencang menerpa tubuh Anda yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit jika fisik Anda kurang prima.

Perhatikan Kondisi Fisik (c) Daily Mail
Perhatikan Kondisi Fisik (c) Daily Mail

Jangan memaksakan untuk melakukan road trip jika badan Anda kurang sehat. Utamakan keselamatan diri Anda. Jika kondisi Anda cukup prima, silahkan melakukan kegiatan ini. Namun jangan lupa untuk selalu membawa air mineral dalam botol dan taru di tempat yang terjangkau sehingga pada saat di lampu merah Anda bisa dengan mudah untuk menjangkaunya.

4. Jarak Tempuh

Perhitungkan jarak tempuh perjalanan Anda dari rumah menuju lokasi. Jika jaraknya cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk dicapai dengan cara berkendara non-stop maka rencanakan tempat istirahat. Pilihlah lokasi istirahat yang strategis seperti di rest area atau pun di SPBU.

Perhatikan jarak tempuh (c) gopherexpress.com
Perhatikan jarak tempuh (c) gopherexpress.com

Jangan lupa pula untuk selalu mengecek bensin kendaraan Anda. Jika menemukan pom jangan sampai menunda untuk mengisi bensin. Hal ini sangat penting sebab bisa saja rute yang Anda lewati berikutnya tidak ada pom bensin. Maksimalkan setiap kesempatan untuk mengisi bensin, jangan sampai menunggu jarum indikator penunjuk bensin di motormu mengarah ke huruf E.

5. Waktu Berlibur

Sebaiknya jangan nekad melakukan traveling dengan naik motor jika waktu berlibur Anda sangat singkat. Atau Anda tetap bisa melakukan kegiatan ini namun pilihlah tujuan yang lebih dekat, hal ini sangat penting berkaitan dengan kenyamanan Anda.

Cek waktu libur (c) dentistry.unsoed.ac.id
Cek waktu libur (c) dentistry.unsoed.ac.id

Naik motor dalam jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama akan memberikan efek lelah yang lebih besar ketimbang naik bus atau kereta. Jika waktu libur pendek dan ingin berlibur ke tempat yang jauh sebaiknya gunakan angkutan umum agar tubuh Anda tidak lelah dan tetap fit saat kembali kerja.

Saat memutuskan untuk traveling menggunakan motor pastikan tips dan trik di atas Anda terapkan. Itu bisa membantu Anda untuk melakukan traveling yang aman dan nyaman.

Advertisement
Tags
jalan-jalan naik motor road trip Traveling menggunakan motor
Share