Liburan ke 6 Objek Wisata di Lombok dengan Modal Satu Jutaan

Liburan ke Lombok sudah nggak sesulit dulu loh. Kalau via darat biasanya membutuhkan waktu sekitar 36 jam lebih dengan menyeberang ke Bali lalu berlanjut ke Lombok. Kini perjalanan bisa dipangkas hingga 21 jam melalui Surabaya. Kalau kamu ingin menikmati liburan selama nyaris seminggu dengan modal sekitar sejutaan saja, simak ulasannya di bawah ini.

Persiapan Sebelum ke Lombok

Ilustrasi kapal ferry [image source]
Sebelum membahas lebih dalam, budgeting ini disusun dengan asumsi berangkat dari Surabaya menggunakan KMP Legundi. Kapal ferry ini berangkat dari Surabaya pada Senin dan Kamis, lalu dari Lombok ke Surabaya sekitar Rabu dan Sabtu. Kalau ingin menjelajahi Lombok perjalanan bisa dilakukan mulai senin pukul 20.00 dan berakhir atau kembali lagi pada Sabtu pukul 16.00.

Ilustrasi kapal ferry [image source]
Tiket ferry yang akan membawa kamu menuju Lombok sekitar Rp87.500 untuk dewasa dan Rp62.000 untuk anak-anak (Surabaya-Lombok). Untuk tiket kembali sekitar Rp80.500 untuk dewasa dan Rp62.000 untuk anak-anak. Gampangnya, kita menyediakan anggaran Rp170.000 untuk tiket PP ferry KMP Legundi.

Objek Wisata di Lombok

Perjalanan dari Surabaya (Tanjung Perak) menuju Lombok  (Lembar) berlangsung selama 21 jam. Dari Surabaya pukul 20.00, sampai sana pukul 17.00 hari Selasa. Karena sampai sudah sore, ada baiknya langsung mencari penginapan murah. Disarankan untuk menggunakan kendaraan umum menuju Mataram dan mencari hotel dengan kisaran harga Rp100.000-Rp150.000. Jika traveling berdua, biaya itu bisa dibagi rata. Rabu pagi, kamu bisa check out dan mulai melakukan penjelajahan.

1. Wisata Pura Taman Air Mayura

Pura Mayura [image source]
Lakukan check out sepagi mungkin karena hari pertama akan  dihabiskan untuk mengunjungi beberapa tempat menarik di kawasan Mataram. Untuk tempat pertama, kamu bisa datang ke Pura Taman Air Mayura. Kawasan ini dibangun pada abad ke-18 dan digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu ketika Kerajaan Bali masih menguasai kawasan ini. Sekarang, tempat ini dijadikan sebagai lokasi wisata yang dekat pula dengan kawasan perdagangan di Mataram.

Pura Mayura [image source]
Lokasi:  Jl. Purbasari, Mayura, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239, Indonesia
Buka: 08.00-18.00
Tiket: sekitar Rp5.000,00

2. Pura Meru

Pura Meru [image source]
Pura Meru adalah pura paling  besar di  Lombok yang dibangun pada abad ke-18. Dahulu kala, pura ini digunakan untuk menyatukan 33 desa Hindu saat kawasan ini dikuasai oleh Kerajaan Bali. Saat ini, Pura Meru yang memiliki banyak tingkat pada struktur bangunannya menjadi destinasi wisata yang sangat ramai. Terlebih lagi kawasan sekitar dari pura ini berdiri cukup banyak toko cindera mata.

Pura Meru [image source]
Lokasi: Jl. Selaparang, Cakranegara Tim., Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239, Indonesia
Buka: 08.00-18.00
Tiket: Rp10.000

3. Wisata Kota Tua Ampenan

Kawasan Kota Tua Ampenan [image source]
Mataram juga memiliki kota tua yang dahulu digunakan oleh Belanda sebagai pusat pemerintahan dan juga perdagangannya. Saat ini, kawasan yang tidak jauh dari Pantai Ampenan ini bisa digunakan sebagai tempat berburu foto sembari menikmati kejayaan dari Ampenan di masa lalu yang kini telah hilang. Oh ya, dari kawasan kota tua, kamu bisa berjalan sekitar 10-15 menit menuju Pantai Ampenan yang tidak kalah indah.

Kota Tua Ampenan [image source]
Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.25, Ampenan Tengah, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83511, Indonesia

Rabu sore lakukan perjalanan menuju kawasan Pelabuhan Ferry Bangsal atau Senggigi. Di sana, kamu bisa menyewa penginapan lagi yang harganya rata-rata cukup murah Bagi backpacker, harga dengan kisaran Rp100.000-Rp150.000,00 per hari adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu selama 3 hari untuk menjelajahi pulau-pulau menarik seperti Gili Trawangan, Gili Meno, atau Gili Air.

Kita mulai menjelajahi kawasan ini mulai rabu malam hingga sabtu siang. Dalam waktu kurang lebih 3 hari, beberapa objek wisata berikut bisa dijelajahi.

4. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi [image source]
Pantai Senggigi bisa diletakkan pada penjelajahan pertama atau terakhir setelah gili-gili utama dijelajahi. Pantai Senggigi memiliki keindahan laut yang luar biasa. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan melihat birunya air, pasir yang lembut, dan kapal-kapal tradisional yang lalu lalang. Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Pertama adalah snorkeling, lalu surfing, atau berburu foto sampai puas.

Pantai Senggigi [image source]
Lokasi: Jalan Raya Senggigi, Lombok, NTB, Indonesia

5. Gili Trawangan

Gili Trawangan [image source]
Akses ke Gili Trawangan bisa dilakukan di Pelabuhan Bangsal dengan tarif yang bervariasi tergantung jumlah penumpang dan jenis kapal. Biasanya tarif penyeberangan sekitar Rp25.000 sekali jalan. Tiket untuk kembali juga nyaris sama.

Gili Trawangan [image source]
Setelah sampai di Gili Trawangan, kamu bisa melakukan eksplorasi dengan menyewa sepeda selama beberapa jam atau harian. Disarankan untuk menyewa beberapa jam saja karena pulau ini bisa dikelilingi kurang dari 3 jam. Di Gili Trawangan, kamu bisa bermain di pantai, menyelam, hingga kuliner atau berburu oleh-oleh

Lokasi: Gili Indah, Pemenang, lombok Utara, NTB, Indonesia

6. Gili Meno atau Gili Air

Snorkeling di Gili Air [image source]
Setelah seharian mengelilingi Gili Trawangan di hari Kamis (kamu bisa mengotak-atik mana yang akan dikunjungi dahulu), kamu kembali lagi ke penginapan. Esok harinya kamu bisa menjelajahi satu di antara dua gili ini. Sebenarnya bisa bolak-balik, namun perjalanan yang kamu lakukan tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan tenang.

Salah satu wisata di Lombok [image source]
Masih dari dari kawasan Pelabuhan Bangsal, kamu bisa menggunakan perahu lagi dengan tarif yang nyaris sama. Misal kamu datang ke Gili Meno, di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan seperti menikmati pantai hingga penyelaman. Di kawasan ini juga ada penangkaran penyu dan juga taman burung. Menjelajahi selama beberapa jam saja tidak akan cukup.

Lokasi: Gili Indah, Pemenang, lombok Utara, NTB, Indonesia

Pada hari sabtu pagi kamu bisa mengunjungi beberapa objek wisata di sekitar hotel atau berbelanja oleh-oleh. Agak siang, kamu sudah harus melakukan perjalanan lagi ke Pelabuhan Lembar agar tidak ketinggalan ferry yang membawa penumpang kembali ke Surabaya. Kisaran kasar perjalanan wisata Lombok sekitar 1 juta rupiah atau bisa lebih tergantung apa yang kamu makan dan akomodasi yang dipilih.

Semoga bisa membantu kamu saat menyusun rancangan perjalanan wisata murah di Lombok.

Tags
budget Indonesia Lombok
Share