Daripada Menyesal, Hindari Liburan ke Jepang di Tanggal Ini

Berencana liburan ke Jepang? Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal. Kalau tidak, liburan Teman Traveler bisa jadi tak menyenangkan. Pasalnya, di Jepang ada waktu-waktu tertentu yang tidak tepat untuk dipakai berlibur dan bersenang-senang. Lalu, kapan waktu yang perlu dihindari agar tidak menyesal saat liburan ke Jepang?

1. Golden Week

Golden Week 2018
Golden Week 2018 via Instagram/sornrammr9

Golden Week adalah libur panjang bagi masyarakat Jepang. Setiap tahun di akhir April, tepatnya 29 April hingga 5 Mei, adalah waktu bagi masyarakat Jepang untuk mudik atau piknik. Fasilitas umum seperti kereta akan penuh sesak oleh warga Jepang yang akan liburan. Selain itu, beberapa fasilitas perbankan juga terbatas dan penginapan di beberapa tempat wisata akan penuh.

2. Urabon’e

Lantern Festival di Japan
Lantern Festival di Japan via Instagram/photosamuraijapan

Urabon’e atau Obon, berlangsung dari 13 sampai 16 Agustus setiap tahunnya. Masyarakat Jepang akan mendapat libur selama beberapa hari untuk merayakan Lantern Festival. Pada festival ini, warga Jepang mengenang arwah leluhur yang pada tanggal itu dipercaya turun ke Bumi. Di tanggal-tanggal tersebut, banyak masyarakat Jepang pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga. Fasilitas transportasi pun akan penuh juga.

3. Silver Week

Orang Jepang Ramai Berlibur di Silver Week
Orang Jepang Ramai Berlibur di Silver Week via Instagram/virahafiz2

Silver week adalah libur panjang bagi warga Jepang yang berlangsung di musim gugur. Biasanya terjadi di Senin ketiga bulan September (hari libur, hari penghormatan kepada orangtua) dan tanggal 23 September. Jika kedua tanggal itu kebetulan berdekatan, maka liburan akan cukup panjang. Pada tanggal-tanggal itu, lalu lintas menjadi padat karena banyak warga yang pergi berwisata. Jika memaksa liburan ke Jepang pada tanggal ini, jangan kesal sendiri ya.

4. Liburan Tahun Baru

Perayaan Tahun Baru di Jepang
Perayaan Tahun Baru di Jepang via Instagram/chazwrightimages

Liburan ke Jepang yang sudah Teman Traveler agendakan di pergantian tahun baru, sebaiknya dipikirkan ulang. Dari 29 Desember sampai 3 Januari, warga Jepang juga libur lho. Banyak toko yang tutup lebih cepat atau malah tidak buka sama sekali. Jepang yang sebegitu ramainya, pada 1 Januari mendadak sepi, bahkan menjadi saat paling sepi.

Bagaimana, tahu kan saat-saat yang harus dihindari? Jika sudah terlanjur merencanakan liburan di tanggal itu, siapkan beberapa rencana cadangan agar tetap senang saat traveling, ya. Selamat bersenang-senang di Jepang!

Tags
hari libur jepang jepang liburan ke jepang Luar negeri negara jepang
Share