Liburan di Jogja, Jelajah Pantai Sampai Padang Pasir

Jogjakarta memang enggak ada habisnya untuk dijelajahi. Makanya tak jarang turis liburan di Jogja antara 3-4 hari atau malah lebih lama. Nah, buat Teman Traveler yang punya hobi menjelajah alam, boleh banget rasakan asyiknya sambangi beberapa pantai di sana.

Kota Gudeg memang punya banyak beberapa pantai seru untuk dijelajahi. Salah satunya bahkan miliki hamparan pasir luas mirip padang gurun di Timur Tengah. Ketimbang penasaran, yuk Teman Traveler simak pengalaman saya kala liburan di Jogja berikut ini.

Pantai Poktunggal

Pantai Poktunggal (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Saya pertama mampir ke sini sekitar tahun 2014. Saat itu suasananya belum terlalu ramai, tidak seperti sekarang. Memang sih, atmosfer ala pantai pribadi-nya jadi mulai memudar. Tapi Teman Traveler jangan khawatir, kalian masih bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih pantai ini kok.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Destinasi satu ini enggak kalah bagus dibanding Pantai Timang lho Teman Traveler. Di sini kalian bisa rasakan sensasi menyebrangi hamparan batu karang lewat sebuah jembatan bambu. Tempatnya lumayan unik dan yang jelas ada banyak spot foto. Tapi kalian wajib hati-hati ya, salah melangkah sedikit saja bisa bahaya.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi berburu panorama matahari terbenam, jangan lupa mampir ke Wediombo. Pantai ini cocok disambangi bersama sahabat, keluarga, atau sosok terdekat. Kalian bisa duduk santai, bercengkrama sambil menanti datangnya sunset. Jika sudah begini, liburan pun jadi terasa perfect bukan?

Gumuk Pasir

Main perosotan di Gumuk Pasir (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Puas bermain air, saya ajak Teman Traveler lanjutkan perjalanan ke Gumuk Pasir. Masih ingat soal hamparan pasir yang saya bilang mirip gurun di Timur Tengah? Nah, inilah tempat yang dimaksud. Selain jalan-jalan, di sini kalian bisa rasakan asyiknya bermain perosotan di atas pasir.

Sensasi seru tersebut bisa Teman Traveler jajal dengan menyewa papan seluncur ke bapak-bapak di sekitar situ. Kalau tidak salah harganya sekitar Rp35.000 per jam. Oh ya, sebaiknya jangan mampir usai hujan ya. Pasir di sini bakal menggumpal dan papan jadi sulit meluncur.

Menyantap Buah Cimplukan

Buah Cimplukan (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Setelah puas mengelilingi selatan Jogja, Teman Traveler wajib mampir ke Malioboro dan menjajal nikmatnya cimplukan. Buah musiman ini hanya bisa tumbuh di tanah subur. Harganya sekitar Rp5.000 per ikat dan bisa Teman Traveler temukan di sekitar Pasar Bringharjo. Rasanya mirip tomat, tetapi lebih manis.

Itulah Teman Traveler, pengalaman liburan di Jogja yang bisa saya bagikan. Bisa jadi inspirasi buat kalian yang berencana habiskan 3-4 hari di Kota Gudeg. Ngiler ingin segera berangkat? Ayo, segera tentukan tanggal jalan-jalan kalian.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share