Liburan di GWK? Tujuh Keseruan ini Pantang Dilewatkan

Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satu tempat wisata di Bali yang merupakan sebuah taman dengan monumen raksasa. Alamat tepatnya ada di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jika Teman Traveler berencana liburan di GWK, kalian bisa berangkat dari Denpasar dan menempuh perjalanan sejauh 22 km.

Untuk masuk area wisata ini pengunjung wajib membayar tiket sebesar Rp125.000. Namun semuanya bakal sepadan kok. Dengan area cukup luas, tentu bakal ada banyak hal seru bisa dilakukan selama liburan di GWK. Apa saja? Yuk, simak satu-persatu

Melihat Pertunjukan Tradisional 

Melihat pertunjukan tradisional (c) willy/travelingyuk
Melihat pertunjukan tradisional (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Pengelola GWK rutin menampilkan beragam pertunjukan untuk menghibur pengunjung. Selain kecak, ada juga tarian Bali lain dipertunjukkan di sini. Selain itu, pada jam-jam tertentu bakal ada parade orang-orang berbaju adat Bali, lengkap dengan segala atributnya. Mulai dari buah-buahan sesaji hingga ogoh-ogoh! Maka dari itu GWK juga cocok dijadikan tempat wisata di Bali untuk keluarga.

Keliling Naik Skutis

Keliling Garuda Wisnu Kencana dengan Skutis (c) Willy/travelingyuk
Keliling GWK naik skutis (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Mengelilingi luasnya GWK tentu bakal melelahkan jika dengan berjalan kaki, apalagi jika cuaca sedang terik. Bisa-bisa belum sampai monumen utama tenaga sudah habis terkuras. Untungnya, Teman Traveler bisa menyewa skutis dengan hargan sekitar Rp80.000 per 15 menit. Jika ingin lebih murah, kalian bisa ambil tipe anoa dengan harga Rp60.000 per 15 menit. Oh ya, syarat agar bisa menaiki kendaraan ini adalah tinggi badan kalian minimal harus 160 cm. 

Tambah Wawasan di Museum 

Bagian dalam Museum GWK (c)  Willy/travelingyuk
Bagian dalam museum (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Pengunjung kini bisa masuk ke bagian dalam Monumen GWK lho. Begitu sampai di lantai teratas, Teman Traveler bakal disambut indahnya pemandangan Pulau Dewata dari ketinggian. Sementara itu, di bagian bawah monumen ada museum yang tampilkan beragam informasi tentang pembangunan GWK. Mulai dari sejarah hingga rencana pembangunan jangka panjang. 

Nongkrong dan Kulineran  

Food Truck GWK (c) Willy/travelingyuk
Food Truck di sekitaran GWK (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Salah satu bagian GWK memiliki spot kuliner yang unik. Di antara dinding tebing kapur menjulang tinggi, Teman Traveler bisa duduk santai sambil santap hidangan dari sebuah mobil van jadul. Menu yang ditawarkan beragam dan semua menggiurkan. Kalian bisa nongkrong di sini, makan enak sambil bicarakan banyak hal. 

Berburu Spot Instagramable

Spot Instagramable GWK (c) Willy/travelingyuk
Spot Instagramable (c) Willy/Travelingyuk

Pasti kurang rasanya jika pergi ke destinasi wisata tapi tidak abadikan momen melalui lensa kamera. Begitu pula di GWK, jangan sampai luput berburu spot Instagramable. Kalian bisa berpose di antara tebing kapur menjulang tinggi mirip lorong-lorong benteng atau deretan monumen GWK yang lebih kecil, semuanya nampak indah. 

Olahraga

GWK bisa jadi tempat olahraga (c) Willy/travelingyuk
GWK bisa jadi tempat olahraga (c) Willy Singgih/Travelingyuk

GWK juga bisa jadi tempat menarik untuk berolahraga, baik pagi maupun sore. Jalanannya tampak bersih dan luas, cocok untuk jooging sambil menikmati pemandangan tebing-tebing kapur cantik. Pihak pengelola juga secara khusus menggelar kelas Yoga di waktu tertentu. 

Menikmati Pemandangan 

Menikmati pemandangan di GWK (c) Willy/travelingyuk
Menikmati pemandangan (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Alam di sekitar komplek wisata ini tawarkan pemandangan memanjakan mata. Semua taman yang ada dibuat dengan daya tarik tersendiri. Wisatawan bisa menikmati indahnya panorama tebing maupun langsung dari monumen. Oh ya, untuk masuk monumen ini Teman Travelr harus bayar sekitar Rp200.000 per orang.

Itulah beberapa aktivitas seru yang pantang Teman Traveler lewatkan saat liburan di GWK. Bagaimana, tertarik habiskan pekan di sini? Jika kalian sedang mampir ke wisata Bali dan sekitarnya, jangan lupa luangkan waktu untuk mengunjungi monumen kebanggaan Indonesia ini. 

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share