Justru Karena Kurang Populer, 5 Destinasi di Eropa Ini Wajib Kamu Kunjungi

Punya rencana liburan ke luar negeri tahun ini? Sebaiknya kamu memilih destinasi anti mainstream biar resolusi travelingmu tahun ini lebih berwarna. Sejenak lupakan dulu destinasi wisata yang ada di Eropa Barat, cobalah untuk mengeksplorasi negara-negara yang ada di Eropa Timur. Sebab daerah ini belum banyak dipelototi wisatawan dunia sedangkan potensi wisatanya tak kalah keren dengan tempat-tempat tenar di Eropa.

Negara-negara di kawasan Eropa Timur memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah pun demikian dengan kota-kotanya. Berlibur ke sana kamu akan mendapatkan keuntungan ganda, disamping bisa menikmati keindahan alam dan kotanya lebih leluasa kamu juga akan menikmati biaya akomodasi yang relatif lebih terjangkau. Lantas mana saja destinasi yang layak untuk dikunjungi tahun ini? Berikut Travelingyuk rangkumkan rekomendasi destinasi dari CNN Travel.

1. Kosovo, Negara Termuda di Dunia yang Baru Merdeka 8 Tahun Lalu

Mencari petualangan baru yang lebih seru di negeri orang? Mungkin kamu perlu untuk memasukkan Kosovo sebagai tujuan liburanmu tahun ini. Pariwisata di negara ini mulai ngetren dalam beberapa tahun terakhir. Destinasi yang tengah menjadi tujuan traveling favorit baru yaitu kota Prizren. Sebagian besar wisatawan memilih berkunjung ke sana pada akhir November atau ketika musim dingin tiba.

Suasana kota Prizren saat musim dingin begitu tenang dengan warga yang tetap antusias menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Mereka nampak sekali menikmati suasana kota yang mendapat sinar matahari sangat terbatas. Saat itu kafe dan bar akan sangat ramai dikunjungi tamu. Pemilik bar dan cafe pun menjual minuman dengan harga yang lebih murah.

Kosovo, via instagram
Kosovo, via instagram

Membaur dengan warga setempat adalah cara terbaik menikmati negeri tersebut. Fakta bahwa penduduk setempat sangat ramah dan antusias dengan kehadiran traveler membuat wisatawan betah liburan lama-lama di sana. Satu lagi fakta unik dari Kosovo, yaitu negara ini adalah negara termuda yang merdeka. Secara resmi Kosovo merdeka pada tanggal 17 Februari 2008 dan mendapatkannya dari Serbia.

2. Albania, Indahnya Negara yang Tidak Punya Cabang Restoran McDonald

Ada satu rahasia kecil yang tidak banyak diketahui orang mengenai negara Albania. Negara ini bersama Armenia, Makedonia dan Vatican City adalah negara-negara di Eropa yang tidak memiliki cabang restoran McDonald. Jadi jika kamu adalah seorang traveler pecinta makanan di restoran McDonald siap-siap berpuasa dulu jika kamu berkunjung ke negara ini.

Albania, via instagram
Albania, via instagram

Albania, dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di musim panas atau bulan-bulan hangat. Pada saat itu wisatawan akan mulai berdatangan dan memenuhi kawasan kota-kota pesisir yang dikenal dengan sebutan Albanian Riviera. Umumnya mereka yang liburan di Albania selalu merindukan kuliner khasnya berupa daging anak sapi dan pilaf Albania, semacam nasi yang dimasak dengan kaldu. Selain memiliki pantai-pantai yang indah, penduduk negara ini juga dikenal cukup ramah dan ringan tangan untuk membantu orang asing yang membutuhkan pertolongan.

3. Montenegro, Negara Dengan Pariwisata Paling Pesat di Kawasan Balkan

Montenegro adalah negara yang memiliki pariwisata yang sudah maju dan menjadi langganan liburan wisatawan dari seluruh dunia. Maka dari itu harga-harga di sana sangat mahal jika dibanding dengan negara-negara Balkan lainnya. Tapi kamu bisa menyiasatinya dengan berkunjung di luar puncak liburan yaitu datang di luar musim panas.

Montenegro, via instagram
Montenegro, via instagram

Negara Montenegro memang dikenal sebagai tujuan berlibur musim panas yang paling terkenal di kawasan Balkan. Saat itu semua harga termasuk tiket dan akomodasi bisa dua kali lipat dibanding hari biasa. Kegiatan yang ditawarkan untuk wisatawan yang berkunjung ke Montenegro antara lain aneka pantai eksotis, pegunungan yang cantik serta kawasan kota tua yang sarat akan nilai sejarahnya.

Negara ini juga memiliki satu kuliner khas yang mendunia yaitu Lignje, suatu makanan seafood yang memakai bahan dasar cumi-cumi. Kebanyakan makanan-makanan yang ada di Montenegro cita rasanya dipengaruhi oleh masakan Italia dan Turki. Sedangkan jika menilik lebih jauh kulinernya, sebagian besar memang berupa produk segar seperti buah zaitun, minyak zaitun, keju dan lain sebagainya.

4. Republik Makedonia, Pecahan Yugoslavia yang Baru Berbenah

Mendengar nama Makedonia yang kamu ingat pasti nama sebuah kota di Yunani dimana Patung Alexander Agung berada. Sebelum banyak yang salah tafsir, kita luruskan dulu bahwa di dunia ini ada dua daerah yang memiliki nama Makedonia. Yang satu ada di Yunani, satunya lagi adalah negara yang lepas dari Yugoslavia yang kini bernama Republik Makedonia.

Republik Makedonia, via instagram
Republik Makedonia, via instagram

Lebih lanjut Makedonia adalah satu-satunya negara pecahan Yugoslavia yang mendapatkan kemerdekaan secara damai. Satu tempat yang kini menjadi ikon wisata adalah Kota Skopje yang sekaligus ibukota dari negara tersebut. Kota Skopje saat ini sedang mengalami renovasi besar-besaran meski begitu wisatawan tetap menikmati liburan di sana.

Ada dua cara asyik menikmati kota Skpoje, pertama dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya arsitektur bangunan yang ada di tengah kota dan cara kedua dengan menikmati makanan khasnya. Kota ini dikenal memiliki kuliner khas bernama pastrmajlija, semacam adonan pie goreng yang ditutupi garam dan potongan daging berbentuk dadu yang lezat.

5. Rumania, Negara Pertama di Eropa yang Memiliki Lampu Jalan

Apa yang terbesit di benakmu saat mendengar nama Rumania? Yap, betul sekali, kebanyakan kita akan menyangkut pautkan negara ini dengan keberadaan Drakula. Bukan tanpa sebab mengingat di salah satu kotanya memang terdapat Kastil Drakula yang bernama Bran Castle. Berkunjung ke kastil ini akan membuat liburanmu terlihat lebih keren dibanding teman-temanmu.

Rumania, via instagram
Rumania, via instagram

Keunikan lain dari Rumania adalah kotanya yang bernama Timisoara menjadi kota pertama di Eropa yang memiliki lampu jalan. Itu terjadi pada tahun 1889 dimana kota-kota lain di Eropa masih memiliki jalanan gelap tanpa penerangan. Oiya, kalau sudah ada di Rumania jangan khawatir kamu kelaparan sebab wisata kuliner adalah salah satu andalan negeri ini untuk menarik kunjungan turis. Katanya makanan di restoran-restoran disana terkenal lezat gila dengan porsi yang tak kalah gilanya. Beberapa nama makanan khas yang wajib dicicipi adalah Mititei, Sarmale dan Papanasi.

Jadikan liburanmu tahun ini jauh lebih berkesan dan memberi banyak pelajaran sehingga pengetahuanmu akan menjadi kaya dengan mengunjungi salah satu destinasi di Eropa Timur yang ada di atas.

Tags
Albania Kosovo makedonia Montenegro Rumania Wisata di Eropa
Share