Liburan ala Eropa di Dieng, Tak Percaya? Inilah Buktinya

Siapa sih yang tidak kenal Dieng? Daerah berjuluk ‘Negeri di atas awan’ ini sudah lama jadi primadona wisatawan lokal serta mancanegara. Berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, kawasan Dieng menyuguhkan pesona eksotis yang kerap membuat traveler berdecak kagum. Tak hanya menyuguhkan alam indah, ternyata kamu juga bisa liburan ala Eropa di Dieng.

Dataran Tinggi Dieng (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Bukan klaim berlebihan, karena suhu di daerah ini memang cenderung lebih dingin. Apalagi Teman Traveler bisa menemukan banyak objek wisata menarik di sini. Penasaran? Inilah dia deretan destinasi di Dieng yang
wajib dikunjungi.

Telaga Warna dan Pengilon

Telaga Warna (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Tak tanggung-tanggung, dalam sekali perjalanan Teman Traveler bisa menikmati dua pemandangan apik sekaligus. Kalian akan disuguhkan eloknya panorama Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Dua telaga tersebut letaknya berdampingan dan punya ciri khas masing-masing.

Saat cuaca sedang cerah, permukaan air di Telaga Warna akan memancarkan beragam corak warna. Sementara air di Telaga Pengilon akan terlihat sangat jernih. Pantulannya hampir mirip seperti cermin.

Teman Traveler dijamin bakal bingung mengambil gambar di sini karena ada begitu banyak spot foto menarik dan background alam mempesona. Fasilitas di sekitarnya juga sudah lengkap, mulai dari tempat ibadah, toilet, tempat istirahat, hingga warung-warung kecil. Tak perlu ragu jika ingin liburan ala Eropa di Dieng.

Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Destinasi liburan ala Eropa di Dieng selanjutnya, Teman Traveler bisa berpindah ke Batu Pandang Ratapan Angin. Objek wisata ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Telaga Warna. Selain itu, karena berada di ketinggian, kalian bisa melihat panorama Telaga Warna dan Pengilon dengan leeboh jelas dari sini.

Ada beberapa spot foto yang sayang jika dilewatkan begitu saja karena pemandangannya memang indah. Wajib diabadikan lewat kamera maupun smartphone. Dijamin hasilnya bakal memukau.

Jika tertarik, Teman Traveler juga bisa mencoba beragam wahana ekstrem seperti flying fox dan sepeda gantung. Pengunjung juga kerap berfoto di jembatan merah putih dengan latar belakang Telaga Warna dan Telaga Pengilon di sini.

Kawah Sikidang

Area Kawah Sikidang (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Kawah Sikidang. Hampir seluruh tanah di sini berwarna putih kekuningan. Hal ini terjadi berkat kandungan sulfur di sekitar kawah. Meski sepintas terlihat aneh, fenomena ini justru jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dengan latar belakang pemandangan kawah, kepulan asap, serta tanah putih kekuningan, tempat ini bisa jadi spot foto Instagenic. Pengelola juga menyediakan beberapa wahana foto buatan untuk semakin memuaskan pengunjung. Kalian juga bisa berfoto bersama kuda dan burung hantu menggemaskan.

Kompleks Candi Arjuna

Selain wisata alam, Teman Traveler bisa juga mengunjungi situs sejarah di Dieng. Kalian bisa melihat gagahnya kompleks Candi Arjuna. Terdiri dari lima bangunan berbeda (Candi Arjuna, Semar, Srikandi, Puntadewa, dan Sembadra), dinding struktur kuno ini dihiasi relief yang mengisahkan perjalanan masa lampau.

Di sekitar bangunan candi terdapat hamparan rumput hijau luas. Suasana terasa semakin sejuk dan menyenangkan. Ketika cuaca sedang dingin, rumput-rumput tersebut akan terbungkus embun es dan terlihat seperti salju. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Eropa. Rasakan serunya sensasi liburan ala Eropa di Dieng.

Bukit Sikunir

Golden sunrise Bukit Sikunir (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang hobi hiking atau berburu sunrise, cobalah berkunjung ke Bukit Sikunir. Keindahannya konon sudah terkenal hingga ke mancanegara. Berjuluk ‘Sikunir Golden Sunrise’, kawasan ini kerap jadi favorit wisatawan lokal dan asing. Posisinya berada di Desa Sembungan, desa tertinggi Pulau Jawa.

Untuk menikmati golden sunrise, Teman Traveler tak perlu bersusah payah dan menghabiskan banyak tenaga. Pengelola sudah menyediakan akses jalan mudah untuk pengunjung. Hanya butuh waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke puncak dan menikmati indahnya panorama matahari terbit di sini.

Gunung Prau

Gunung Prau (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Belum puas dengan Bukit Sikunir? Teman Traveler bisa ke tempat yang lebih tinggi, yaitu Gunung Prau. Bagi pendaki pemula, akan butuh waktu kurang lebih tiga jam untuk bisa sampai di puncak. Perjalanan bakal sangat melelahkan dan menguras tenaga. Namun begitu menjejakkan kaki di tujuan, semuanya bakal terbayar lunas oleh megahnya panorama di Puncak Prau.

Ribuan bintang akan menemani Teman Traveler di malam hari. Begitu pagi menghampiri, kalian bakal merasakan hangatnya pelukan cahaya fajar. Belum lagi panorama apik Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Kembang menyapa dari kejauhan. Sebuah suguhan mengagumkan yang tak bakal terlupakan. Pasti liburan ala Eropa di Dieng ini akan sangat berkesan.

Itulah sederet tempat wisata yang bakal membuat Teman Traveler merasakan sensasi liburan ala Eropa di Dieng. Sangat sayang dilewatkan, apalagi tarif masuknya hanya Rp10.000. Pastikan siap baju hangat karena suhunya tak kalah menusuk dengan di Benua Biru.

Tags
Dieng Indonesia kontributor Travelingyuk Wisata Wisata Dieng
Share