Leuwi Jurig, Mata Air Eksotis dengan Pesona Rahasia di Garut

Keindahan pesona alam Garut sudah lama memukau pelancong. Namun bagi Teman Traveler yang suka perjalanan menantang, ada satu tempat yang wajib kalian kunjungi. Namanya Leuwi Jurig dan menyimpan sederet pesona rahasia.

Leuwi Jurig sendiri pada dasarnya merupakan cekungan di dasar sungai. Terlepas dari nuansanya yang eksotis, destinasi wisata ini juga punya beberapa kisah menarik nan menggelitik. Mari simak penjelasan Traveligyuk.

Relatif Mudah Dijangkau

Leuwi Jurig
Leuwi Jurig via Instagram.com/veryfirdaus

Leuwi Jurig masih masuk dalam wilayah Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya relatif mudah dijangkau. Dari daerah perkotaan hanya memakan waktu kurang lebih dua sampai tiga jam perjalanan menggunakan mobil.

Bagi sebagian Teman Traveler durasi perjalanan tersebut mungkin bakal terasa lama, namun kalian tak perlu risau. Sepanjang perjalanan tersaji pemandangan alam asri nan memanjakan mata khas Garut. Tubuh pun bakal terasa kian rileks, sebab udara sekitar begitu bersih dan menyegarkan.

Panduan Warga Lokal

Birunya air di sekitar leuwi
Birunya air di sekitar leuwi via Instagram.com/ramdanibudi612

Meski menawarkan nuansa eksotis dan alami, destinasi wisata ini masih belum sepenuhnya dikembangkan. Maka jangan heran jika Teman Traveler tak menemukan papan petunjuk menuju leuwi. Begitu sampai di daerah Bungbulang, kalian sebaiknya bertanya dan meminta arahan dari warga sekitar.

Teman Traveler juga wajib menggunakan jasa pemandu untuk bisa mencapai leuwi. Nantinya kalian akan diajak menyusuri jalan setapak dengan medan lumayan ekstrem. Bagi yang membawa mobil atau sepeda motor, kendaraan bisa diparkir di sekitar area pemukiman warga dengan tarif kurang lebih 10 ribu rupiah.

Eksotis dan Memukau

Pemandangan eksotis
Pemandangan eksotis via Instagram.com/harrix_sh

Tidak seperti tempat wisata Garut pada umumnya, leuwi satu ini relatif sepi. Sisi positifnya, Teman Traveler bisa lebih puas berfoto-foto dan menikmati keindahannya. Aliran air di sini terlihat memancarkan warna hijau dan tampak sangat menyegarkan.

Ada sederet titik berhiaskan tebing terjal yang bisa jadi spot foto Instagenic. Namun tetap berhati-hati karena ada beberapa permukaan yang licin. Jangan buru-buru membuat gerakan, karena salah-salah kalian bisa tergelincir dan jatuh.

Pesona Rahasia dengan Cerita Menggelitik

Leuwi menyimpan banyak pesona rahasia
Leuwi menyimpan banyak pesona rahasia via Instagram.com/rifz_akida11

Ada beberapa cerita menggelitik yang menyelimuti Leuwi Jurig. Beberapa sumber menyatakan nama Jurig diberikan warga setempat karena di lokasi indah ini kerap terjadi sederet kecelakaan. Jurig sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti setan atau hantu.

Meski demikian, Teman Traveler tak perlu khawatir. Selama kalian berhati-hati dan menjaga sikap, perjalanan liburan bakal berjalan mulus. Sebagai catatan, pengunjung di sekitar leuwi juga dilarang berkata kasar untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai keindahan Leuwi Jurig di Garut. Mata air eksotis di Jawa Barat ini bisa jadi salah satu alternatif jika Teman Traveler masih bingung menentukan destinasi liburan di awal 2019 ini.

Tags
Garut Jawa Barat Wisata Wisata Alam
Share