Lembah Bola yang Ajaib di Kazakhstan

no image available

no image available

Advertisement

Pemandangan alam yang unik nan ajaib bisa traveler jumpai saat liburan ke Kazakhstan. Pemandangan tersebut berupa lembah berisi serakan batu yang berbentuk bulat seperti bola. Ukurannya beragam mulai dari sebesar telur hingga seukuran mobil. Saat dilihat kawasan tersebut lebih mirip seperti bukan di bumi.

Kazakhstan adalah sebuah negara yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet sebelum akhirnya memisahkan diri pada tahun 1991. Secara geografis, negara yang baru berumur 25 tahun ini termasuk dalam wilayah Asia Tengah serta berbatasan dengan negara-negara seperti Rusia, China, dan Uzbekistan.

Dibanding dengan negara-negara lain di kawasan Asia, nama Kazakhstan memang bukanlah tujuan traveling yang populer. Akan tetapi negara ini menyimpan kekayaan alam yang terbilang ajaib. Adalah Torysh yang juga dikenal sebagai The Valley of Balls yang berarti Lembah Bola, kawasan lembah penuh dengan bebatuan berbentuk bulan layaknya bola.

Lembah yang menyimpan fenomena ajaib ini berada di lokasi terpencil dekat kota Shetpe di barat Kazakhstan. Di lembah ini banyak sekali serakan batu dalam berbagai ukuran yang bentuknya bulat mirip dengan bola.

Bola-bola batu di Torysh jumlahnya tak terhitung yang membentang di lembah dengan kondisi yang tandus. Traveler bisa menemukan bola batu dari seukuran telur sampai yang paling besar setara dengan ukuran mobil. Lantas bagaimana batu-batu di lembah ini bisa berbentuk bulat seperti itu?

Para peneliti berpendapat bahwa bola-bola batu tersebut terbentuk dengan proses yang sama seperti batu lainnya yaitu melalui proses sedimentasi serta pelapukan. Tapi pelapukan yang terjadi pasti sangat spesial mengingat semua batu yang ada bentuknya bisa seragam yaitu bulan-bulat bola.

Satu hal yang pasti penelitian masih terus dilakukan untuk mengungkap misteri bola batu di Torysh, Kazakhstan. Diperkirakan batu-batu unik tersebut telah ada sejak jutaan tahun silam. Untuk traveler yang penasaran ingin melihat langsung bisa mengontak operator tur Silk Road Adventures yang memiliki paket liburan ke The Valley of Balls.

Advertisement
Tags
Kazakhstan The Valley of Balls Torysh
Share