Mau Ikut CPNS Tapi Hobi Jalan-Jalan? Masuk di 5 Lembaga Ini Aja!

Kerapkali, bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipandang membosankan. Duduk di depan komputer kantor sepanjang hari, berhadapan dengan setumpuk data, dan sebagainya. Mustahil rasanya buat Teman Traveler yang punya hobi jalan-jalan.

Eh, tapi bagaimana kalau ada lembaga pemerintah yang kerjanya malah harus traveling ke berbagai wilayah di Indonesia layaknya liburan?

Nah, buat Teman Traveler yang ingin mendaftar dan ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tapi tetap ingin merasakan sensasi kerja sambil liburan, berikut 5 lembaga pemerintah yang pas buat kalian!

1. Kementerian Pertanian

Image may contain: one or more people, people standing, outdoor and nature
Aksi kelompok Tani Binaan Pertamina EP 4 Cepu di Desa Bajo via Instagram/ariefrohman838

Di lembaga yang satu ini, kalian akan sering diutus ke lahan pertanian ataupun perkebunan warga yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Tujuannya adalah memastikan prosedur dan regulasi pertanian tetap berjalan dengan baik di kalangan para petani, serta memastikan kualitas hasil panen tetap prima.

Di samping bisa jalan-jalan, profesi ini akan membuat Teman Traveler lebih dekat dengan para petani serta kehidupannya di ladang. Kalian akan memahami betapa beratnya perjuangan mereka dalam mengurus sawah atau kebun yang nantinya menghasilkan makanan yang kita konsumsi.

Jadi mikir seribu kali kalau mau buang makanan sisa, bukan?

2. Kementerian Kelautan dan Perikanan

Image may contain: 2 people
Mantan Menteri Susi bersama asistennya, Fika Fawzia via Instagram/ffawzia07

Lembaga pemerintah ini sangat cocok buat Teman Traveler yang hobi renang, diving, atau segala macam aktivitas yang berhubungan dengan lautan.

Tentu saja kalian tidak hanya akan sekadar berenang, menyelami cantiknya terumbu karang, atau mengonsumsi ikan segar, tapi juga memastikan proses produksi dan pelaksanaan regulasi di lapangan sudah berjalan lancar dan menguntungkan para nelayan.

Selain itu, Teman Traveler bakal jadi ‘garda terdepan’ dalam melawan illegal fishing. Kalian bakal mensosialisasikan cara menangkap ikan dengan sah dan aman kepada para nelayan, serta menyuarakan kedaulatan maritim Nusantara pada negara tetangga. Kalau ada nelayan yang bandel, “tenggelamkan saja”!

3. Kementerian Luar Negeri

Image may contain: one or more people, sky, crowd and outdoor
Para pegawai Kedubes Indonesia di Washington D.C. mengenakan batik via Instagram/kbriwashdc

Nah, ini nih yang paling asyik! Kalau Teman Traveler bekerja di sini, kalian bakal sering banget keliling Indonesia, atau bahkan keluar negeri untuk mendapat penugasan diplomatik.

Eh, tapi tanggung jawab dan beban moral kalian sangatlah berat, loh! Kalian akan mewakili Indonesia dalam hubungan diplomasi antar negara, termasuk apabila ada konflik di kawasan tertentu yang membutuhkan Indonesia sebagai mediator. Nama baik bangsa ini ada di pundak kalian.

4. Kementerian Pemuda dan Olahraga

Image may contain: 8 people, people standing and outdoor
Pelaksanaan Torch Relay menyambut Asian Games 2018 via Instagram/aniesbaswedan

Punya passion di bidang orang muda dan olahraga? Lembaga ini pasti cocok buat kalian! Mulai dari menangani kegiatan kepemudaan hingga olahraga, Teman Traveler akan berkeliling hingga luar negeri guna memastikan para perwakilan Indonesia mampu memberikan sumbangsih terbaik demi harumnya nama bangsa.

Tidak hanya itu, relasi kalian dengan para atlet dan organisasi kemasyarakatan akan semakin luas dan banyak. Bisa menambah wawasan dan koneksi yang berkualitas, loh!

5. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Image may contain: one or more people and outdoor
Rangkaian acara menyambut Hari Batik Nasional via Instagram/bekrafid

Buat Teman Traveler yang punya passion di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, karya tulis, musik, seni pertunjukan, film, kuliner, dan lain-lain, lembaga ini akan sangat cocok buat kalian.

Tidak hanya berkeliling ke seluruh Indonesia guna memastikan keberlangsungan sektor pariwisata, Teman Traveler juga dituntut terus berinovasi bersama pegiat ekonomi kreatif agar nama Indonesia makin dikenal hingga kancah internasional.

Nah, demikian 5 lembaga pemerintah yang cocok buat Teman Traveler yang hobi jalan-jalan. Tapi ingat! Meskipun bisa puas bekerja sambil traveling, kalian tetap harus memberikan sumbangsih dan karya terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Selamat bertarung dan semoga berhasil, para pejuang CPNS!

Tags
CPNS hobi jalan-jalan Indonesia PNS Wisata
Share