Danau Tolire di Ternate, Pesona Wisata Diselimuti Legenda Buaya Putih

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Danau Tolire Danau Tolire

Kota Ternate yang berada di kaki Gunung Gamalama, menawarkan panorama alam menawan dengan variasi destinasi wisata. Mulai dari Pantai Jikomalamo, sampai Danau Ngade yang bentuknya menyerupai laguna. Gunung Gamalama yang melingkupi kawasan ini mempunyai beragam kisah menarik, salah satunya legenda Danau Tolire di Ternate. Ada cerita apakah dibalik keindahan danau ini? Yuk dibaca ulasan berikut!

Legenda Tenggelamnya Desa di Danau Tolire

Danau Tolire Kecil via Shutterstock
Danau Tolire Kecil via Shutterstock

Danau yang terletak di kaki Gunung Gamalama ini ternyata menyimpan kisah yang beredar diantara masyarakat setempat. Konon, terdapat desa tepat di mana Danau Tolire berada. Suatu hari musibah melanda desa karena kelalaian kepala suku yang melanggar norma adat setempat. Sehingga desa ini pun diguncang gempa, sampai muncul retakan yang memancarkan air, yang kini menjadi Danau Tolire.

Penduduk desa yang lain pun ikut menanggung kutukan ini, mereka berubah menjadi buaya putih yang menjaga kawasan ini. Menurut beberapa sumber, terkadang ada pengunjung yang menyaksikan buaya sedang melintas di air danau.

Atraksi Melempar Batu ke Danau Tolire

Melempar Batu ke Danau Tolire via Instagram @firsan_m
Melempar Batu ke Danau Tolire via Instagram @firsan_m

Danau Tolire di Ternate ini tidak hanya mempunyai kisah buaya putih namun juga terdapat atraksi melempar batu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Batu yang dilempar tidak akan pernah bisa mencapai permukaan air danau, hanya akan mendarat di pinggir danau saja.

Terdapat setidaknya dua versi yang melatarbelakangi terjadinya kejadian tersebut. Pertama, gravitasi di area ini begitu kuat sehingga seberapa kencang melempar, batu akan tetap jatuh di pinggir danau. Kedua, hal tersebut dikaitkan dengan adanya kutukan Danau Tolire, masih berhubungan dengan buaya putih.  Warga sekitar menyediakan 10 batu dengan harga Rp5 ribuan, bagi wisatawan yang ingin mencoba membuktikan fenomena tersebut.

Danau Tolire di Kaki Gunung Gamalama

Danau Tolire dengan Latar Gunung Gamalama via Shutterstock
Danau Tolire dengan Latar Gunung Gamalama via Shutterstock

Walaupun tidak sepopuler Danau Ngade alias Danau Laguna, namun lanskap dua danau di area ini, Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil, begitu mempesona. Dengan air jernih berwarna kebiruan, ditambah latar Gunung Gamalama, serta hamparan hutan di sekitarnya.

Cerita Danau Tolire
Cerita Danau Tolire (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Area ini begitu asri dan hening, karena memang belum ada tempat menginap di sekitarnya. Tepat bagi Teman Traveler yang ingin berlibur, melipir dari keramaian.

Sunset dengan Latar Lautan Biru

Menikmati Matahari Terbenam di Danau Tolire via Shutterstock
Menikmati Matahari Terbenam di Danau Tolire via Shutterstock

Selain atraksi melempar batu ke dalam danau, melihat matahari terbenam di Danau Tolire Besar maupun Tolire Kecil adalah pilihan yang tepat untuk menghayati anugerah dari Yang Maha Kuasa. Duduk di pinggir danau, bercengkerama bersama kawan sembari menyantap pisang goreng yang biasa dijajakan menjelang sore hari oleh penduduk lokal. Secara perlahan mengikuti arah terbenamnya sang surya. Sungguh syahdu.

Singgah di destinasi wisata dengan legenda yang menyertainya, bisa menjadi pengalaman baru nan seru. Danau Tolire di Ternate yang telah diulas di atas merupakan salah satu referensi yang bisa dimasukkan ke dalam daftar liburan. Apakah ada Teman Traveler di sini yang sudah pernah berkunjung ke danau indah ini?