Liburan Murah ala Presiden Jokowi: Ke Ragunan Saja!

Ketika mantan presiden Amerika Serikat, Obama berlibur ke Indonesia dengan mengunjungi kota-kota wisata seperti Jogja dan Bali, presiden kita, Jokowi justru menyempatkan untuk menikmati libur lebaran dengan cara yang terbilang irit. Ya, Presiden Jokowi baru saja mengunjungi kebun binatang pertama di Indonesia yaitu Taman Margasatwa Ragunan bersama Ibu Iriana, Kahiyang dan Kaesang. Apa yang menarik minat Presiden Jokowi hingga memilih untuk berlibur di sini?

Murah Meriah dan Sarat dengan Sisi Edukasi

Liburan Irit ala Jokowi [Image Source]
Meski memiliki jabatan sebagai presiden ternyata Jokowi juga senang berlibur ke destinasi yang murah seperti Taman Margasatwa Ragunan. “Masuk ke sini cuma berapa? Rp 4.000 atau Rp 3.000 tadi ya. Murah sekali,” ujarnya dilansir dari Kompas.com. Dan yang mengejutkan, Presiden Jokowi juga membeli tiket loh. Beliau membeli kartu elektronik JakCard Bank DKI dengan harga Rp.30.000 yang berisi saldo Rp.20.000. Cukup untuk tiket masuk berempat. Ada juga pilihan kartu berisi saldo Rp.50.000 dengan harga Rp.60.000, bisa main di Ragunan sepuasnya deh.

Kunjungan Jokowi ke Ragunan [Image Source]
Tak cuma karena murah, Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa dengan datang ke kebun binatang sama dengan belajar. Apalagi jika yang datang adalah keluarga dengan anak, mereka jadi bisa tahu dan melihat langsung binatangnya. “Perkenalkan ke anak-anak. Oh itu gajah, oh itu beruang, oh itu monyet, itu lutung. Jadi benar-benar melihat hewannya,”  ucapnya.

Di Pusat Primata Schmutzer, Jokowi Bertemu Lagi dengan Kumbo

Jokowi Mengunjungi Kumbo [Image Source]
Kumbo adalah seekor gorila yang sebenarnya sudah pernah ditemui Jokowi pada tahun 2013. Dan ketika kembali datang ke kebun binatang Ragunan, Jokowi menyempatkan untuk datang ke Pusat Primata Schmutzer dan berjumpa Kumbo. Beliau pun juga sempat memberi makan Kumbo dengan kurma loh.

Pusat Primata Schmutzer [Image Source]
Untuk bisa masuk ke Pusat Primata Schmutzer ini, kamu harus membayar sekitar Rp.7500. Cukup murah ya? Di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai jenis primata seperti Kumbo si gorila salah satunya. Tak cuma bisa melihat primata, kamu juga akan disuguhi dengan museum, perpustakaan hingga teater bioskop kecil loh. Perlu diingat nih, tidak diperbolehkan membawa makanan apapun masuk di sini demi menjaga kebersihan. Jika haus, banyak titik-titik pancuran air minum gratis di dalam kebun binatang kok.

Kuliner di Sekitar Taman Margasatwa Ragunan

Restoran Puas Ibu Hj Maryam [Image Source]
Jika kamu berencana untuk liburan irit seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan keluarga, maka penting juga nih buat tahu kuliner di sekitarnya. Salah satunya adalah Restoran Puas Ibu Hj. Maryam yang ada di Jln. Condet Raya 78. Di sini kamu akan menemukan menu-menu Arab-Betawi yang berpadu dengan lezat. Salah satu yang paling laris di sini adalah nasi kebuli, pokoknya kamu wajib deh buat icipi.

Halo Niko [Image Source]
Atau ingin nongkrong kekinian? Kamu bisa pilih Halo Niko yang letaknya ada di Jln. Warung Buncit Raya no. 98. Mau makan siang atau dinner, tempat ini cocok banget deh. Apalagi menu-menu makanannya juga bakal bikin kamu jatuh cinta. Ditambah lagi, tempatnya instagram-able banget! Dari Taman Margasatwa Ragunan kesini cuman butuh waktu sekitar 10 menit saja kok jika tidak macet.

Liburan memang bukan tentang berapa banyak uang yang kamu habiskan, tapi tentang betapa banyak dan berkualitas waktu yang kamu luangkan dengan orang tersayang. Nah, kamu juga pecinta liburan irit? Pakai cara ala Presiden Jokowi saja yuk!

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat Wahana Wisata
Share