Laundry Terbesar di Dunia ada di India!

no image available

no image available

Advertisement

Bagi sebagian besar orang yang sibuk memilih untuk memanfaatkan jasa laundry untuk mencuci pakaian. Cara ini dianggap paling simpel dan banyak membantu khususnya untuk urusan cuci mencuci pakaian kotor. Banyak jasa laundry ditemukan di perkotaan besar, namun tahukah kalian jika laundry terbesar berada di India?

Adalah Dhobi Ghat, sebuah tempat di Mumbai, India yang menyediakan layanan jasa mencuci. Karena embel-embel judul artikel laundry terbesar jangan lantas kalian membayangkan ini adalah perusahaan di bidang jasa cuci mencuci yang besar dan modern. Sebab yang akan kalian lihat ini adalah kawasan mencuci tradisional yang ada di bantaran sungai Gangga.

Yap, Dhobi Ghat adalah tempat yang menyediakan layanan cuci dengan cara tradisional yaitu dicuci di bak-bak penampungan terbuka yang terbuat dari tembok bata merah. Cara mencucinya pun dilakukan dengan cara di sikat, kucek dan dibanting. Hampir seluruh warga di kawasan ini menggantungkan hidupnya dari kegiatan mencuci ini sehingga saat berada di sana akan ada ribuan orang yang sedang mencuci pakaian.

Clotheslines #dhobighat #laundry #Mumbai #india #igersclermontferrand

A post shared by Cedrick (@cdlaballe) on

Pernah menonton film Slumdog Millionaire? Sebuah film yang mengangkat sisi kumuh India yang berdampingan dengan bangunan mewah mempertunjukkan kesenjangan sosial yang begitu kentara di negara tersebut. Begitu pula dengan Dhobi Ghat, kawasan yang menjadi area laundry ini berupa perkampungan kumuh dengan latar belakang gedung bertingkat yang megah.

Open air laundry in Mumbai! #traveler #instapic #grandmasters3 #instajob #traveltv #travelingram #colursofindia

A post shared by GnzGck (@onewiththewind) on

Setiap hari warga di kawasan tersebut mencuci ribuan potong pakaian yang mereka kumpulkan dari berbagai wilayah di Mumbai. Jadi jika kamu menggunakan jasa cuci baju kemungkinan besar pakaian yang kamu kirimkan akan dicuci di tempat ini. Selain itu Dhobi Ghat juga punya sejarah panjang sekaligus menjadi pionir usaha cuci baju di dunia yang telah ada sejak tahun 1748.

Ternyata selain menjadi kawasan laundry tradisional, Dhobi Ghat ini juga menjadi salah satu tujuan traveling para wisatawan lho. Mereka yang mau mengetahui aktivitas warga dan proses mencuci di kawasan ini tinggal datang ke sana dengan cara menyusuri sungai Gangga menggunakan boat. Aktivitas di sana sudah dimulai sejak pagi buta. Wow!

Advertisement
Tags
Dhobi Ghats India Laundry Terbesar
Share