Lari Maraton Melintasi Hutan Amazon, Berani Ikut?

Advertisement

Hadirnya event tahunan di suatu daerah turut andil dalam meningkatkan kunjungan turis ke daerah tersebut. Event tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk olahraga yang salah satunya adalah lomba balap lari jarak jauh atau yang dikenal dengan lari maraton. Di Brasil memiliki lomba maraton yang paling berbahaya di muka bumi bernama UVU Jungle Marathon.

Bayangkan berlari sejauh 10 km saja sudah bikin ngos-ngosan, UVU Jungle Marathon malah memiliki jarak tempuh antara 100-200 km. Trek yang digunakan bukan jalan mulus seperti di arena balap lari atau jalan raya tapi Hutan Amazon. Pantaslah jika kegiatan ini menjadi yang paling berbahaya di dunia.

Larri Maraton di Brasil [image source]
Larri Maraton di Brasil [image source]
Ditengok Travelingyuk dari situs resmi UVU Jungle Marathon, kegiatan ini dilakukan setiap tahun dan digelar di wilayah Para, Brasil dengan melintasi Hutan Amazon dengan jarak total 100 hingga 200 kilometer yang terbagi dalam dua kategori. Pertama kategori 4 etape dengan total jarak tempuh 127 km dan kedua kategori 6 etape sejauh 254 kilometer.

Perlombaan ini tidak hanya sekedar membutuhkan fisik yang prima tapi juga harus kuat dan tahan banting sebab semua orang tahu bahwa Amazon adalah hutan paling liar dan berbahaya di dunia. Para peserta bisa saja berhadapan dengan hewan liar seperti ular atau bahkan ikan piranha sebab trek tak selalu di daratan namun mereka juga akan menyeberangi sungai dan rawa-rawa.

Saat acara berlangsung, panitia penyelenggara hanya menyediakan tempat beristirahat, air minum dan alat keselamatan. Untuk urusan makanan peserta diwajibkan untuk membawa bekal sendiri-sendiri. Karena kerasnya trek yang harus dilewati tak jarang peserta yang harus mendapatkan perawatan medis.

Penyelenggaraan UVU Jungle Marathon ini sebagai bentuk kegiatan amal yang mana hasilnya akan disumbangkan pada Action of Brazil’s Children Trust, sebuah organisasi yang memberikan bantuan pada anak-anak jalanan di Brasil. Tahun ini acara maraton akan diselenggarakan pada tanggal 1-10 Oktober 2015. Berminat mendaftar atau cuma sekedar menonton?

Advertisement
Tags
Brasil Lari Maraton Luar negeri
Share