Larangan Selfie di Berbagai Negara, Ada yang Terapkan Hukuman Mati

Selfie seakan jadi salah satu hal wajib yang dilakukan traveler ketika berkunjung ke tempat wisata. Namun Teman Traveler harus berhati-hati. Ternyata tidak semua tempat bisa dijadikan sebagai spot foto. Karena ada larangan selfie di berbagai negara. Indonesia termasuk salah satunya, lho. Kira-kira ada di mana lagi ya? Simak daftar berikut yuk!

Larangan selfie di Pantai Phuket, Thailand

Pantai Phuket

Pantai Phuket menjadi salah satu destinasi wisata di Thailand yang sudah tersohor akan keindahannya. Tak hanya itu, letak pantai juga berdekatan dengan Bandara Internasional Phuket, sehingga pemandangan pesawat mondar-mandir jadi hal yang biasa. Nggak sedikit dari wisatawan yang selfie dengan latar belakang pesawat sedang terbang.

Namun hal tersebut dilarang. Pihak bandara memperingatkan turis agar tidak menerbangkan drone, menyalakan pena laser, dan berfoto di zona terlarang karena perilaku tersebut dapat menganggu konsentrasi pilot. Pemerintah juga menerapkan maksimal hukuman mati jika terjadi pelanggaran.

Larangan Selfie di TPS, Indonesia

TPS

Nggak hanya Thailand, Indonesia juga termasuk salah satu negara yang melarang selfie. Namun bukan pantai, melainkan TPS. KPU telah menetapkan peraturan agar peserta Pemilu tidak selfie atau berfoto di dalam TPS atau bilik suara.

Alasannya untuk menjaga asas kerahasiaan dalam Pemilu sekaligus mempersingkat waktu. Pemilih hanya diperbolehkan untuk berswafoto di luar TPS atau setelah mencoblos.

Larangan Selfie di Masjidil Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram

Arab Saudi menetapkan larangan selfie bagi jemaah haji dan umrah di dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Peraturan tersebut tertuang dalam nota diplomatik Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Alasannya karena pengambilan gambar dapat menganggu dan memancing perasaan orang yang ada di dalam dua masjid tersebut serta dalam rangka terciptanya susasana ibadah yang nyaman. Jika masih ada yang nekat melanggar, maka pihak keamanan akan menerima instruksi untuk menyota film hasil jepretan atau kamera jika diperlukan. Teman Traveler harus lebih berhati-hati ya.

Teleskop, Tiongkok

Spherical Telescope, via Instagram/chip_de

Tiongkok juga menerapkan larangan untuk selfie di sebuah teleskop berukuran raksasa yang terletak di Guizhou. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya gangguan yang terjadi pada teleskop.

Pemerintah setempat melarang membawa kamera, hp, dan peralatan elektronik lainnya dalam radius 5 km. Jika masih ada yang melarangnya dan memotret secara diam-diam, maka akan dikenakan denda sebesar Rp430 juta.

Bagaimana menurut Teman Traveler soal sejumlah larangan selfie dari berbagai negara tadi? Jika ingin selamat dan tak membayar denda, maka kalian harus taati aturan yang berlaku serta lebih berhati-hati lagi ya!

Tags
Indonesia Larangan Selfie di Berbagai Negara Luar negeri tips dan inspirasi
Share