4 Tempat dengan Larangan Pakai Sunblock, Kenapa Ya?

Setiap tempat, khususnya destinasi wisata pasti punya peraturan. Mulai dari level biasa sampai dengan yang bikin ngelus dada. Bahkan ada tempat wisata yang pengunjungnya dilarang memakai sunblock. Ada di mana saja ya? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Hawaii 

tempat dilarang memakai sunblock
Hawaii via instagram/davidaaroncarpenter

Destinasi wisata pertama yang melarang penggunaan sunblock adalah Hawaii. Ini merupakan upaya untuk melindungi kehidupan laut, karena sebagian besar tabir surya mengandung bahan berbahaya bagi terumbu karang. Yakni oxybenzone dan octinoxate

Solusinya adalah memakai jenis sunblock yang berbahan dasar yang tidak larut dalam air. Tabir surya ini mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Tapi, aturan ini baru berlaku di pada tahun 2021 mendatang. Lalu, aturan tersebut juga tidak berlaku bagi wisatawan internasional yang membawa sunblock dari luar Hawaii. 

2. Republik Palau 

tempat dilarang memakai sunblock
Republik Palau via instagram/savethereef

Tempat selanjutnya adalah Republik Palau yang berada di Samudera Pasifik. Pelarangan pemakaian tabir surya ini diberlakukan atas dasar perlindungan terumbu karang. Menurut pemerintah setempat, kelestarian terumbu karang ternyata berpengaruh kepada perubahan iklim yang ada di Republik Palau. 

Berdasarkan aturan yang berlaku di 1 Januari 2020 tersebut, tabir surya yang dapat meracuni terumbu karang diberhentikan penjualannya. Apabila ada turis yang membawa sunblock dengan kandungan berbahaya akan langsung disita. Sedangkan untuk yang masih nekat menjual tabir surya berbahaya bisa dikenai denda sekitar Rp15 juta. 

2. Meksiko 

Xcaret Park Meksiko via instagram/xcaretpark

Apabila Teman Traveler ingin berkunjung ke Meksiko di tahun 2021, lebih baik tinggalkan tabir surya kalian di rumah. Ini dikarenakan, di tahun tersebut, Meksiko akan melarang semua wisatawan untuk menggunakan sunblock.

Alasannya sama seperti dua tempat di atas, yaitu bisa membahayakan kehidupan terumbu karang. Selain itu, tabir surya yang mengandung paraben ternyata bisa menjadi obat bius bagi ikan. Kemudian, akumulasi bahan tersebut juga dapat mengubah rasa ikan. 

Pulau Kakaban 

Pulau Kakaban via instagram/didijournal

Terakhir, ada Pulau Kakaban yang berlokasi di Kalimantan Timur. Tempat wisata yang menjadi surganya ubur-ubur ini melarang pengunjung menggunakan tabir surya sejak lama. Alasannya sudah pasti untuk melindungi ekosistem yang mudah teracuni oleh sunblock.

Selain itu wisatawan juga dilarang berenang memakai pomade. Jadi, para turis yang sudah terlanjur menggunakan krim-krim tersebut disarankan untuk dibersihkan dulu. 

Jadi, itulah tempat yang wisatawannya dilarang memakai sunblock. Semuanya bertujuan untuk melindungi lingkungan dari bahan-bahan yang dapat meracuni.

Nah, solusi terbaiknya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni membeli tabir surya dengan kandungan mineral. Dengan begitu, kulit kalian akan tetap aman dan biota laut tidak terkontaminasi racun. 

Tags
tempat dilarang memakai sunblock tips traveling
Share