8 Larangan Menggunakan Sumpit di Jepang Agar Tidak Melanggar Etika

Jepang mempunyai banyak sekali budaya dan norma yang berbeda dengan di negara lain juga di Indonesia. Bahkan untuk beberapa yang dianggap hal biasa, di Negeri Sakura ini mempunyai ketentuan dan larangan dalam penggunaannya. Salah satunya adalah cara memakai sumpit disini, ada beberapa larangan yang dianggap orang Jepang merupakan hal yang tidak wajar ataupun tidak baik dilakukan.

1. Menancapkan Sumpit ke Nasi Secara Tegak Lurus

Hal ini dianggap tabu di Jepang karena serupa dengan penancapan Hio pada ritual sembahyang arwah dalam tradisi Asia Timur, termasuk Jepang dan Korea.

Larangan menancapkan sumpit ke nasi via Oomp

Bahkan ada jika melakukan hal ini di depan orang Jepang, mereka akan berteriak untuk melepaskan sumpit itu dari tancapan di nasinya.

2. Membunyikan Sumpit

Teman Traveler jangan pernah sekali-kali memperlakukan sumpit seperti stik drum memukulkan sumpit ke gelas, mangkuk ataupun mengadu sumpit yang satu dengan lainnya.

Memukukl sumpit ke mangkuk via wikiHow

Konon katanya, dalam kalangan tionghoa hal ini merupaka perbuatan para pengemis untuk mencari perhatian.

3. Menusuk Makanan

Bisanya orang yang tidak biasa menggunakan sumpit akan kesulitan untuk menjepit makanan yang berbentuk bulat, dan lebih mudah mengambilnya dengan cara ditusuk.

Sashi Bashi via hanko-seal

Di Jepang melakukan sashi bashi ini adalah salah satu tindakan tercela karena dianggap tidak menghargai dewa makanan. Selain itu jika menusuknya dengan kuat, makanan bisa terpental keluar dari mangkuk dan tidak steril lagi.

4. Menunjuk atau Melambai dengan Sumpit

Biasanya orang-orang saat asik makan dengan sumpit secara tidak sengaja akan melambaikan tangan kepada pelayan atau menunjuk ke seseorang menggunakan sumpit yang masih di tangan.

Menunjuk dengan Sumpit di Tangan via Sukajepang

Jika Teman Traveler masih ingin dianggap orang baik , jangan sesekali melakukan hal itu didepan pelayan ataupun orang Jepang. Etika ini sangat tidak baik karena dianggap tidak sopan.

5. Menjilati Sumpit

Hal ini dianggap sangat tidak sopan dan harus dihindari. Menjilat ujung sumpit tanpa ada makanan yang di jepit atau tanpa ada sisa makanan yang menempel disisinya.

Menjilati sumpit via ikidane nippon

6. Menggeser Mangkuk dengan Sumpit

Menggeser mangguk menggunakan sumpit atau jika dalam bahasa Jepang disebut yose-bashi memang lebih praktis karena bentuknya yang panjang, tetapi untuk menghormati makanan tersebut Teman Traveler jangan melakukan hal ini ya. Lebaih baik Mengambilnya dengan tangan akan lebih sopan dimata orang Jepang.

Yose Bashi via MATCHA

7. Memilih-milih Makanan di Dalam Mangkuk

Bisa juga disebut dengan saguri bashi, maksudnya adalah mencari potongan makanan dalam mangkuk dengan menggunakan sumpit yang sudah dipakai untuk memakan.

Saguri bashi via Japanese Station

Hal ini dianggap tidak sopan dan menjijikkan jika dilakukan. Karena untuk mengambil lauk dalam mangkuk, biasanya terdapat sumpit khusus.

8. Estafet Makanan

Disebut juga hashi watasi, yaitu mengoper makanan menggunakan sumpit dan diterima dengan sumpit. Jika Teman Traveler ingin membagikan makanan yang ada didepan dengan orang lain yang lebih jauh, ada baiknya memberikan mangkuk isi makanan itu.

Mengoper makanan via MATCHA

Hal ini dianggap tidak pantas dilakukan dimeja makan, karena mirip dengan cara mengambil tulang mayat pada kremasi.

Bagaimana Teman Traveler? Etika menggunakan sumpit di Jepang ini sedikit ribet ya. Terlihat sangat sepele tapi bisa membuat orang-orang disana marah loh! Jangan sekali-kali melakukan hal ini di depan orang Jepang ya.

Tags
etika di jepang jepang larangan menggunakan sumpit tips
Share