Air Terjun di Lombok Utara, Pesona Kampung Halaman Lalu Muhammad Zohri

Setelah berhasil masuk dalam putaran final cabang olahraga atletik nomor lari 100 meter putra, Lalu Muhammad Zohri berhasil finish di urutan ke 7. Remaja kelahiran Lombok Utara 18 tahun silam tersebut berhasil finish dengan waktu 10,20 detik. Bicara soal Lombok Utara, ternyata kampung halaman Lalu Muhammad Zohri tersebut memiliki destinasi wisata yang cukup memukau. Seperti air terjun di Lombok Utara ini.

Tiu Ngumbak

Air Terjun Tiu Ngumbak via instagram/mzwar17

Tiu Ngumbak berada di Desa Gumantar dan menjadi salah satu kawasan destinasi wisata. Di tempat ini, Teman Traveler dapat menemukan air terjun dengan ketinggian 40 meter dengan debit air yang cukup deras. Tiu Ngumbak sendiri memiliki kawasan yang masih asri, karena akses menuju tempat ini tergolong cukup sulit dijangkau. Karena itu jika Teman Traveler suka berpetualang dan mencari lokasi-lokasi yang menantang, Tiu Ngumbak menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi.

Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja via instagram/worldnomads

Dalam bahasa lokal Suku Sasak, Teja memiliki arti Pelangi. Pembiasaan cahaya warna warni yang indah seperti pelangi adalah alasan mengapa masyarakat menyebut air terjun tersebut Tiu Teja. Ketinggian destinasi ini sekitar 40 meter dan lebarnya 10 meter yang masih di kelilingi oleh tumbuhan asri dan lebat. Air terjun ini memiliki dua jatuhan yang terpisah dengan ketinggian yang hampir sama. Tiu Teja sendiri berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep via instagram/kompasnusantara

Ketinggian air terjun ini mencapai 42 meter. Lokasinya berdekatan dengan Sendang Gile. Selain keindahannya, daya tarik Tiu Kelep datang dari mitosnya. Jika kamu mandi atau mencuci muka di sini, dipercaya awet muda. Jarak perjalanan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 15-20 menit dari Sendang Gile.

Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile via instagram/kirk.cyr

Air terjun dengan ketinggian 31 meter ini terletak di Desa Senaru, yang juga berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl, membuat Teman Traveler harus melewati sebanyak 315 anak tangga. Namun sesampainya di air terjun yang terpecah menjadi beberapa jeram ini, segala lelah pasti akan terbayar. Air terjun yang segar ini masih dikelilingi oleh alam yang masih sangat asri di sekitarnya.

Meskipun dikenal dengan beragam pantai dan keindahan bahari yang menarik, Lombok juga memiliki beberapa destinasi wisata air terjun yang tak kalah menarik. Seperti yang dapat ditemukan di Lombok Utara tersebut.

Tags
Air Terjun Indonesia Lombok Utara Wisata
Share