Laklak, Pancake Mini dengan Bentuk Imut Ini Asli Bali

Keindahan Bali tak hanya membuat wisatawan dalam negeri terpesona. Namun, banyak turis asing yang tergoda untuk tinggal lama di Pulau Dewata. Bukan hanya karena deretan pantai eksotisnya, kuliner yang ditawarkan di sini juga bikin ketagihan. Salah satunya pancake mini dengan bentuk imut berikut.

Kue Tradisional Kembaran Surabi

Jajanan enak kembaran Surabi
Jajanan enak kembaran Surabi [image source]
Jika di Solo adalah Surabi Notosuman, lain halnya dengan Bali. Di Pulau Seribu Pura ini ada Laklak, kue tradisional khas yang bentuknya menyerupai surabi. Bedanya, ukuran laklak sedikit lebih kecil sebesar telapak tangan anak kecil. Biasanya, jajanan ini berwarna hijau dan dijual di pasar-pasar tradisional.

Kue tradisional yang mirip Surabi
Kue tradisional yang mirip Surabi [image source]

Camilan Enak Tanpa Bahan Pengawet

Camilan tanpa bahan pengawet
Camilan tanpa bahan pengawet [image source]
Salah satu warung yang terkenal dengan camilan lezat ini adalah Warung Laklak Dah Lolet yang terletak di Jalan Batur Sari, Sanur Kauh, Denpasar Selatan. Seperti lainnya, laklak di sini dibuat dengan menggunakan tepung beras yang telah dilarutkan dengan air serta ditambahkan pewarna. Menariknya, pewarna yang digunakan alami yaitu dari daun kayu suji.

Kue Laklak
Kue Laklak [image source]

Dimasak Sederhana di Atas Tungku

Laklak dimasak di atas tungku
Laklak dimasak di atas tungku [image source]
Untuk mendapatkan laklak dengan cita rasa unik, ternyata ada kunci rahasianya. Bukan menggunakan kompor, ternyata kue spesial dimasak dengan tungku kayu bakar. Adonan yang sudah siap dituangkan dalam cetakan tanah liat panas. Meski menggunakan api kayu, laklak terpanggang dengan baik dan kematangannya juga merata. Soal rasa, tak perlu ditanyakan lagi.

Laklak di panggang di atas bara api
Laklak di panggang di atas bara api [image source]

Bertopping Parutan Kelapa dan Gula Merah

Taburan kelapa dan gula merah yang menggoda
Taburan kelapa dan gula merah yang menggoda [image source]
Aroma semerbak dari laklak masih belum sempurna. Saat hangat-hangatnya, kue yang bisa ditemukan di Warung Don Kayu Sugih ini ditaburi parutan kelapa. Tak hanya itu, cairan gula merah juga membuat jajanan ini manis dan pas di lidah. Kamu yang bingung mencari pengganjal perut saat pagi hari, coba saja camilan satu ini.

Laklak enak di Pulau Dewata Bali
Laklak enak di Pulau Dewata Bali [image source]
Kuliner Bali yang terkenal memang Ayam Betutu. Namun, masih banyak menu-menu enak yang bisa dijajal di Pulau Dewata. Seperti pancake mini ini atau juga rujak berkuah pindang yang fenomenal. Jadi, kapan nih liburan ke Bali lagi?

Tags
Bali Denpasar Indonesia kue laklak sanur
Share