Lake Tahoe di Nevada, Danau Misterius yang Terbentuk dari Salju

Namanya terdengar Indonesia, tetapi Lake Tahoe atau Danau Tahoe berada di Nevada. Di Amerika Serikat, danau unik ini merupakan salah satu yang tertinggi, terluas dan terdalam. Luasnya mencapai 498 km persegi, dengan kedalaman 501 m, dan tinggi 1898 m. Dengan segala predikatnya itu, Lake Tahoe di Nevada tidak perlu tenaga banyak untuk menunjukkan kecantikan serta kemegahannya.

1. Semula dari Salju yang Mencair

Lake Tahoe dari Salju yang Mencair
Lake Tahoe dari Salju yang Mencair via Instagram/zackzmo

Danau Tahoe terbentuk dari patahan gugus geologis. Patahan ini membuat permukaan tanah menjadi naik atau turun. Pada terciptanya Danau Tahoe, gugusan tanah akibat patahan geologis membentuk cekungan atau menurun. Cekungan inilah yang akhirnya menampung salju yang mencair di bagian selatan.

Gletser-gletser yang mencair dari Zaman Es tersebut, dalam waktu lama akhirnya mengisi cekungan. Danau ini juga menampung air hujan dan air dari anak sungai di sekitar kawasan. Hingga akhirnya terbentuklah salah satu danau terluas di Amerika tersebut.

2. Danau Tahoe Terbentuk 2-3 Juta Tahun Lalu

Terbentuk Jutaan Tahun Lalu
Terbentuk Jutaan Tahun Lalu via Instagram/elainn_ln

Lake Tahoe di Nevada tidak terjadi dalam waktu sebentar. Proses terbentuknya Danau Tahoe terjadi sejak 2 sampai 3 juta tahun yang lalu. Dari semula berukuran kecil, danau ini semakin besar karena tambahan air hujan yang turun dan gletser dari Zaman Es. Tidak heran jika keindahannya menakjubkan.

3. Keindahan Danau Tahoe

Keindahan Lake Tahoe
Keindahan Lake Tahoe via Instagram/vistanow

Keindahan yang dimiliki Danau Tahoe tidak terbantahkan. Teman Traveler akan dibuat takjub dengan hamparan air yang luas dan jernih. Saking jernihnya, batu-batuan besar di dasar danau, dapat terlihat dengan jelas.

Di ujung pandangan, terdapat jajaran gunung yang “kawin” dengan warna biru pada langit Nevada yang cerah. Sebuah pemandangan mencengangkan dan sulit untuk dilupakan.

4. Kemisteriusan Danau Tahoe

Lake Tahoe yang Misterius
Lake Tahoe yang Misterius via Instagram/marixwolf

Sebab terbentuk dari jutaan tahun lalu, Lake Tahoe di Nevada, tidak luput dari cerita-cerita misterius. Salah satu yang paling melegenda adalah keberadaan monster ‘Tessie’. Menurut cerita, monster ini sudah pernah disaksikan langsung oleh Jacques Cousteau, seorang ahli laut terkenal pada 1970.

Selain keberadaan monster laut yang misterius, Danau Tahoe ini juga menyimpan cerita lain. Jadi konon, karena tekanan air dan kehampaan udara di bawah danau yang membuat tidak ada satu pun bakteri yang bisa hidup di sana. Jika ada mayat yang tenggelam pun tidak akan membusuk, juga mengapung.

Legenda lain menyebutkan bahwa Lake Tahoe di Nevada ini adalah kuburan massal dari pembunuhan yang dilakukan oleh mafia. Warga setempat bahkan mengatakan bahwa di dasar danau terdapat banyak mayat dengan baju garis-garis dan luka pada wajah, serta bekas tembakan peluru di bagian dahi.

Bagaimana, apakah keindahan serta kemisteriusan Lake Tahoe di Nevada membuat Teman Traveler penasaran mengunjunginya? Persiapkan segalanya sejak jauh hari ya! Selamat berlibur!

Tags
Danau Tahoe lake tahoe Luar negeri Nevada Wisata
Share