Pesona Senja di Laguna Depok, Sensasi Nikmati Sunset Trip dengan Perahu Naga

Advertisement

Siapa yang tak jatuh cinta dengan Jogja? Wisatanya banyak dan tak pernah gagal mencuri perhatian. Seperti Blue Lagoon di Sleman. Atau juga Laguna Depok yang sering dijadikan tujuan utama untuk menikmati sunset. Namun selain bisa melihat indahnya sunset, ada banyak keseruan yang dapat dilakukan di sini. Apa saja keseruannya, yuk simak ulasan Kontributor Travelingyuk, Annisa Saputri berikut.

Wisata Alam di Daerah Bantul

Laguna Depok Bantul via Annissa Saputri
Laguna Depok Bantul (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berlokasi tak jauh dari Pantai Depok dan Gumuk Pasir, ada wisata yang juga seru untuk dikunjungi yaitu Laguna Depok. Dari pusat kota, Teman Traveler bisa mengambil rute ke Jalan Parangtritis dan menuju ke arah Pantai Depok. Tak jauh dari pos TPR dan berada di sisi kanan jalan, di situlah kita akan menemukan petunjuk ke laguna.

Jadi tujuan utama melihat sunset via Annissa Saputri
Jadi tujuan utama melihat sunset (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Laguna Depok berada di hilir sungai Opak, di Kecamatan Kretek. Untuk masuk ke sini, kita tidak dikenakan biaya alias gratis dan hanya membayar parkir saja. Wisata ini ramai oleh pengunjung ketika sore, khususnya hari Sabtu. Pasalnya, ada beberapa keseruan yang hanya bisa ditemukan di hari tersebut, yaitu pasar kuliner dan sunset trip dengan perahu naga.

Kuliner Khas Laguna yang Menggiurkan

Pasar setiap hari Sabtu via Annissa Saputri
Pasar setiap hari Sabtu (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Setiap hari Sabtu sore, Laguna Depok menggelar pasar yang dinamakan Pasar Laguna meski tidak seramai dan sebesar pasar dalam arti sebenarnya. Dengan gazebo, para penjual yang merupakan ibu-ibu Pokdarwis setempat, menyambut hangat sembari menawarkan kulinernya. Ada berbagai makanan dan minuman yang ditawarkan, misalnya yang khas adalah pecel legendar, bubur cemplung, dan wedang laguna.

Wedang Laguna yang khas via Annissa Saputri
Wedang Laguna yang khas (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pecel legendar merupakan menu yang berisi berbagai macam sayuran dengan bumbu kacang dan disajikan dengan legendar atau gendar. Sedangkan bubur cemplung adalah bubur yang ‘dicemplungi’ (bahasa Jawanya dimasukkan) dengan berbagai sayuran. Dan yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah Wedang Laguna, wedang khas dengan isian seperti jahe, sereh, daun pandan, dan gula batu ini cocok dinikmati hangat-hangat di tengah udara area laguna yang dingin.

Menyusuri Muara Sungai dengan Perahu Naga

Sunset trip dengan perahu naga via Annissa Saputri
Sunset trip dengan perahu naga (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada keseruan yang tak boleh dilewatkan, yaitu sunset trip. Kita akan diajak susur muara Sungai Opak menggunakan perahu berbentuk naga yang berkapasitas 25 orang. Dengan membayar Rp10.000 per orang, kita diajak lebih dekat menyaksikan matahari yang perlahan turun.

Naik Perahu Naga di Laguna Depok
Naik Perahu Naga di Laguna Depok (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Angin yang semilir, burung-burung di pepohonan tepi muara, dan beberapa aktivitas memancing para penduduk, menambah syahdu sore itu. Sunset trip dengan perahu naga ini akan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama pasangan, teman, atau keluarga.

Romantisnya Sunset Laguna yang Bikin Enggan Ulang

Menikmati matahari terbenam via Annissa Saputri
Menikmati matahari terbenam (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Objek wisata satu ini memang jadi andalan untuk menikmati matahari terbenam yang apik di sisi selatan Jogja. Selain melakukan sunset trip dengan perahu, kita juga bisa menikmati matahari yang kian tenggelam di tepi laguna. Beralaskan rumput hijau, bisa juga sambil menikmati kuliner, bercengkerama, atau mengabadikan momen berlatar golden sunset. Meski tidak berada di pantai, namun laguna dengan pemandangan sungai Opak ini memiliki sunset yang tak kalah cantik. Menjelang pukul 5 sore, pemandangan golden sunset dengan latar langit berwarna oranye semburat merah muda yang menambah romantisnya senja.

Spot-Spot Keren Laguna 

Spot banyak untuk berfoto pengunjung via Annissa Saputri
Spot banyak untuk berfoto pengunjung (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain memiliki pemandangan yang indah, Laguna Depok juga memiliki spot-spot unik yang bisa jadi latar keren berfoto. Di sisi selatan tampak ada perahu nelayan yang terbalik, kemudian ada juga beberapa gethek atau rakit yang menepi di sisi utara. Spot-spot ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengabadikan momen mereka ketika berkunjung di Laguna Depok ini. Boleh berfoto, tapi jangan sampai merusak, ya.

Spot banyak untuk berfoto pengunjung via Annissa Saputri
Spot banyak untuk berfoto pengunjung (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Laguna Depok? Sempatkanlah ketika Teman Traveler sedang menjelajah Bantul dan Jogja, ya! Jangan lupa juga untuk mencoba sensasi naik perahu naga dan mencicipi kuliner khas Laguna. Selamat berwisata, Teman Traveler!

Advertisement
Tags
Bantul Indonesia Jogja Travelingyuk wisata bantul wisata jogja Yogyakarta
Share